Olahraga Asian Games 2018

Kemenpora RI Tak Menarget Lalu M Zohri Raih Medali Emas di Asian Games

Rabu, 18 Juli 2018 - 13:39 | 44.08k
Menpora, Imam Nahrawi. (FOTO: poskotanews)
Menpora, Imam Nahrawi. (FOTO: poskotanews)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKemenpora RI (Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia) dan Federasi Atletik Indonesia (PB PASI) setuju tak memberikan target medali emas Asian Games 2018 kepada Lalu Muhammad Zohri.

Meski baru saja meraih gelar juara lari cepat 100 meter dunia U-20, tapi catatan waktu Zohri belum mampu bersaing dengan pelari senior di level Asia.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi hanya memberikan pesan kepada Zohri agar berusaha meninggikan prestasinya. Di Asian Games nanti, kata Imam, Zohri akan berhadapan dengan pelari-pelari senior dari Asia.

"Karier prestasi Zohri masih sangat panjang. Di Asian Games, dan sangat kita harapkan bisa tampil di olimpiade," ujar Imam saat menyambut Zohri tiba di Indonesia dari Finlandia, di Bandar Udara Sukarno Hatta, Tangerang, Selasa (17/7/2018).

Pelatih Kepala nomor sprint di PB PASI, Eni Nuraini pun mengatakan yang sama. Menurutnya, Zohri tak perlu diberikan target di Asian Games. Eni hanya meminta Zohri tetap tampil dengan cara yang alami di Asian Games nanti.

Zohri memang akan kembali menjadi salah satu pelari andalan Indonesia di Asian Games 2018 yang akan digelar Agustus mendatang di Indonesia. Zohri akan turun di dua nomor. Yakni di nomor 100 meter dan estafet 4x100 meter.

Di nomor lari cepat 100 meter, pekan lalu, Zohri berhasil mencatatkan prestasi tertingginya. Yakni sebagai pelari tercapat di dunia saat tampil di Kejuaraan Atletik Dunia U-20 di Finlandia.

Catatan finis Zohri di Finlandia, yakni 10,18 detik. Tetapi catatan finis pelari asal Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu belum memecahkan rekor dunia.

Pemegang rekor dunia 100 meter U-20  milik sprinter U-20 asal Amerika Serikat (AS) Anthony Schwartz yang finis 10,09 detik di Meksiko, Juni lalu. Di Asian Games nanti, Zohri pun akan bersaing dengan pelari-pelari senior dari kawasan Asia.

Pelari senior Asia yang akan menjadi pesaing Zohri di Asian Games nanti di antaranya, sprinter asal Cina Su Bingtian yang pernah finis di catatan waktu 9,91 detik dan Xie Zhenye dengan catatan waktu tercepat 9,98 detik. Zohri juga akan bersaing dengan pelari Arab Saudi, dan Iran Abdullah Abkar dan Taftian Hassan yang tercatat finis di kisaran 10,03 detik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES