Politik Rumah Wakil Rakyat 2019

Partai Garuda Jember Hanya Daftarkan Dua Orang Bacaleg

Rabu, 18 Juli 2018 - 11:06 | 82.91k
ILUSTRASI: Partai Garuda. (FOTO: Nokenlive)
ILUSTRASI: Partai Garuda. (FOTO: Nokenlive)

TIMESINDONESIA, JEMBER – DPC Partai Garuda Kabupaten Jember hanya mendaftarkan dua orang bakal calon legislatif (Bacaleg) untuk maju dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Ketua DPC Partai Garuda Jember, Sogol, menjelaskan bahwa persyaratan administrasi menjadi kendala utama partai baru tersebu sehingga hanya dua bacaleg yang didaftarkan.

"Awalnya banyak, namun setelah kita datangi ternyata tidak siap. Faktor keluarga mungkin juga jadi alasan," kata Sogol kepada TIMES Indonesia, Rabu (18/7/2018).

Ia mengatakan dua orang Bacaleg tersebut semuanya perempuan dan berada di Dapil yang sama yakni Dapil 1. Mereka lanjut Sogol, keduanya merupakan kader Partai Garuda namun tidak masuk dalam struktur kepengurusan. 

"Benar sama-sama di Dapil 1," katanya. 

Komisioner KPU Jember, Ahmad Hanafi, membenarkan bahwa DPC Partai Garuda Jember hanya mendaftarkan dua orang Bacaleg. Dari semua persyaratan, dua orang Bacaleg itu telah memenuhi semua persyaratan termasuk keterwakilan perempuan yang minimal sebesar 30 persen. 

"Iya kan satu perempuan dan satu laki-laki. Artinya 50 persen keterwakilan perempuannya," katanya. 

Hanafi mengatakan 14 parpol telah resmi mendaftarkan Bacalegnya ke KPU Kabupaten Jember. Pendaftar terakhir kata dia, adalah Partai Bulan Bintang (PBB) yang dinyatakan memenuhi syarat pada pukul 23.50 WIB. 

"Sebenarnya mendaftarnya sudah sejak sore, tapi ada kendala pada sistem informasi calon (Silon) dan baru dinyatakan memenuhi syarat pukul 23.50 WIB," ucapnya. 

Partai Gerakan Perubahan Indonesia atau Partai Garuda merupakan partai yang berdiri pada 2015 lalu. Ahmad Ridha Sabhana menjabat sebagai Ketua Umum dan Abdullah Masyur sebagai Sekretaris Jendral. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Jember

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES