Indonesia Positif Ketahanan Informasi Desa

Inilah Berkah TMMD Kodim Banjarnegara bagi Penjual Kelapa Keliling

Rabu, 18 Juli 2018 - 09:35 | 45.44k
Imun (26) penjual kelapa keliling dilokasi TMMD Desa Pasegeran Kec. Pandanarum (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Imun (26) penjual kelapa keliling dilokasi TMMD Desa Pasegeran Kec. Pandanarum (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Desa

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Jalan beton sepanjang 1,1 kilometer yang sedang dibangun Satgas TMMD Kodim Banjarnegara beserta warga Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum, membawa berkah bagi Imun, (26). Penjual kelapa keliling meraup tambahan penghasilan berkat jalan yang sudah enak dilewati tersebut.

Walaupun belum kelar, sebagian jalan sudah dapat dilalui untuk menuju Dusun Pasegeran, tempat digelarnya pembangunan program TMMD.

Biasanya dalam sehari, penjualannya berkisar 60-70 butir, kini berkat tempat pemasaran baru di Dusun/Desa Pasegeran, penjualannya bertambah menjadi sekitar 100 butir perharinya. Sedang harga untuk 1 butir kelapa yang dijualnya adalah 2000 rupiah.

Walaupun dirinya warga desa tetangga Pasegeran, namun kini dia juga mulai merasakan keuntungan dari pembangunan jalan selebar 3 meter tersebut. Bahkan kini pesanan baru juga datang dari beberapa Satgas TMMD, yang meminta Imun membawa kelapa muda.

Imun mulai menatap peluang untuk melebarkan kelilingnya ke beberapa dusun di Desa Pasegeran yang nantinya memiliki jalan cor yang bagus.

Sasaran sementara imun adalah Ibu-ibu, setelah mendapatkan pesanan dari Satgas TMMD, dirinya berencana membawa kalapa muda sebagai tambahan dagangan. Inilah manfaat dari pembangunan melalui TMMD Reguler, bukan hanya warga Pasegeran saja yang akan menikmati hasilnya, namun warga desa lainnya atau desa tetangga juga akan memetik berkah dari pembangunan tersebut.

Sedang untuk progres fisik TMMD Kodim Banjarnegara adalah, masih melanjutkan pengecoran jalan, jambanisasi, melanjutkan Poskamling, pembronjongan, melanjutkan Talut serta pemlesteran saluran drainase. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES