Indonesia Positif Ketahanan Informasi Nasional

Kampung Jenang, Sentra UKM Yang Gelorakan Amazing Blitar

Rabu, 18 Juli 2018 - 08:44 | 280.96k
Kampung jenang di Rejowinangun Kademangan (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Kampung jenang di Rejowinangun Kademangan (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Nasional

TIMESINDONESIA, BLITARKampung Jenang ada di Desa Rejowinangun Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. Sebanyak 45 rumah di desa itu, semuanya memproduksi jenang. Kampung ini merupakan satu diantara sentra UKM yang selalu menggelorakan semangat Amazing Blitar.

"Rejowinangun memang dikatakan kampung jenang. Ada 45 rumah yang memproduksi jenang. Lainnya juga ada yang membuat Geti dan keripik pisang," jelas Ketua Forum UKM Kabupaten Blitar Hendri Christiawan, Rabu (18/7/2018).

Seperti Hendri sendiri, dia mempunyai usaha produksi jenang yang berlabel Omah Jenang Kelapa Sari. Dengan bahan dasar kelapa, gula merah dan beras ketan berbagai produk olahan mereka hasilkan. Seperti jenang dengan berbagai varian rasa buah, wajik kletik, wajik biasa dan madu mongso.

Kampung-Jenang.jpg

"Di tempat saya saja, dalam sehari bisa memproduksi bahan sekitar 1 kuintal. Itu menghasilkan 50 kg setiap produk," bebernya. 

Jenang hasil produksi kampung ini, banyak dijumpai di berbagai pusat oleh-oleh di seluruh Indonesia. Seperti di Yogyakarta, Semarang, Magelang, Jember dan Jakarta. 

"Madu mongso kami bahkan sudah di eksport sampai ke Hongkong. Dan permintaan itu rutin kami kirim sampai sekarang," aku pria berusia 38 tahun itu. 

Omzet Kampung Jenang itu kalau hari normal mencapai Rp 2 miliar per bulan. Dan akan meningkat dua kali lipatnya jelang Lebaran.

Tak heran, jika desa ini diresmikan menjadi sentra UKM di Kabupaten Blitar. Beberapa bank pemerintah dan swasta-pun tak berpikir panjang menjadi mitra permodalan mereka. 

Semangat kemandirian kampung jenang menjadi virus positif bagi daerah lain. Karena untuk mewujudkan Amazing Blitar butuh semangat yang terus menyala. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-6 Editor Team
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES