Kesehatan

Benarkah Makanan Ini Bisa Mencegah Kanker?

Rabu, 18 Juli 2018 - 06:27 | 45.76k
Makan brokoli. (FOTO: india.com)
Makan brokoli. (FOTO: india.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh hampir setiap orang. Penyakit tersebut telah merenggut jutaan nyawa orang di seluruh dunia. Tak pandang usia dan latar belakang, setiap orang punya risiko yang sama untuk terkena kanker. Penyakit ini juga memiliki banyak jenis seperti kanker darah atau leukemia, kanker payudara, kanker kulit, dan masih ada jenis kanker lainnya.

Salah satu cara agar terhindar dari penyakit mematikan ini adalah dengan menjaga makanan yang kita konsumsi. Beberapa jenis makanan bahkan memiliki kemampuan mencegah dan melawan kanker. Apa saja? Berikut ulasannya dilansir dari Tabloid Bintang.

1. Teh Hijau

Antioksidan pada teh hijau dapat membantu mencegah kanker esofagus, paru-paru, mulut, hati, pankreas dan prostat. Teh hijau juga mengandung polifenol yang menjaga sel-sel kita bebas dari sifat kanker.

2. Brokoli

Sayuran hijau ini mampu membantu melawan kanker prostat, usus besar dan kandung kemih. Selain tinggi serat, brokoli juga kaya kandungan sulforaphane. Senyawa ini sangat berguna untuk meningkatkan enzim pelindung tubuh dan membantu tubuh mengeliminasi bahan kimia penyebab kanker.

3. Jeruk

Kandungan vitamin C dan antioksidan sangat diperlukan tubuh untuk menghalau kanker. Saat mengonsumsi jeruk, jangan mencampurnya dengan makanan lain agar manfaatnya bisa diperoleh maksimal oleh tubuh kita.

4. Jahe

Rempah-rempah tradisional Indonesia ini dapat mengelabui sel kanker untuk membunuh diri mereka sendiri. Jahe juga dapat menghambat perkembangan sel kanker dan membatasi penyebaran sel kanker tersebut.

5. Bawang Putih

Bawang putih juga efektif untuk menghentikan penggandaan sel kanker. Bawang putih membantu membunuh sel-sel kanker, khususnya untuk kanker payudara, usus besar, esofagus, dan perut.

Itulah bahan makanan yang bisa mencegah penyakit kanker. Selain itu, agar terhindar dari beragam jenis kanker seperti kanker darah atau leukemia, kanker kulit, dan lainnya Anda juga harus memiliki gaya hidup sehat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES