Kesehatan

Putri Denada Terkena Leukemia, Waspadai Tanda-Tandanya!

Rabu, 18 Juli 2018 - 03:41 | 113.31k
Denada Tambunan. (FOTO: Tribun Medan - Tribunnews.com)
Denada Tambunan. (FOTO: Tribun Medan - Tribunnews.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kabar kurang baik datang dari penyanyi Denada Tambunan. Putri semata wayangnya, Shakira Aurum, dinyatakan mengidap kanker darah atau leukemia. Saat ini Shakira sudah menjalani pengobatan di Singapura selama satu bulan lebih.

Dikutip dari tayangan Rumpi No Secret dari channel YouTube Zulrama Demawan, Denada menceritakan penyakit yang diderita sang anak kepada sang pembawa acara, Feni Rose.

"Shakira sudah 1,5 bulan ada di salah satu rumah sakit di Singapura karena dia lagi treatment, dia didiagnosa dengan leukemia," kata Denada.

Denada mengaku belum bisa menjelaskan kepada putrinya yang berusia lima tahun itu tentang penyakitnya.

Melihat hal ini, sebaiknya orang tua selalu waspada terhadap penyakit yang bisa menyerang anak-anak termasuk kanker. Pasalnya, kanker dapat menyerang anak mulai dari usia bayi hingga usia 18 tahun.

Ada gejala-gejala yang sangat khas pada anak yang menderita kanker darah. Berikut gejala yang harus diwaspadai, seperti dikutip dari Bidanku.

1. Demam di Malam Hari
Anak sering mengalami demam bahkan hingga mengeluarkan keringat pada malam hari. Si kecil juga sering mengalami demam karena darah putih yang menurun sehingga penderita mudah infeksi.

2. Pucat
Wajah anak seringkali mengalami pucat dan kelelahan. Hal ini terjadi karena menurunnya sel darah merah.

3. Mudah Sakit
Anak lebih mudah mengalami infeksi yang disebabkan sel darah putih yang menurun.

4. Nyeri
Anak lebih sering mengalami nyeri-nyeri pada bagian tulang yang disebabkan sel darah yang terkena leukemia masuk ke dalam selaput antara tulang dan juga otot.

5 Berat Badan Turun Drastis
Anak mengalami penurunan berat badan disertai dengan gangguan kesehatan yang lebih rentan terkena infeksi.

6. Pembengkakan
Anak mengalami pembengkakan pada bagian leher dan juga ketiak. Jika pada kelenjar getah bening terjadi pembengkakan harus segera diperiksakan ke dokter.

Diagnosis dini dapat menghasilkan pengobatan yang lebih sukses pada penyakit kanker darah seperti yang diderita putri Denada Tambunan. Banyak tanda-tanda dan gejala leukemia anak yang muncul ketika sel-sel leukemia mendesak sel-sel normal. Jika Anda memiliki kekhawatiran akan gejala tertentu, konsultasikanlah pada dokter. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES