Peristiwa Daerah

Penanganan Limbah B3 Jadi Perhatian Pemkot Batu

Selasa, 17 Juli 2018 - 21:07 | 86.49k
Kegiatan sosialisasi penanganan limbah B3 yang diadakan Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu, Selasa (17/7/2018). (FOTO: Ferry/TIMES Indonesia)
Kegiatan sosialisasi penanganan limbah B3 yang diadakan Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu, Selasa (17/7/2018). (FOTO: Ferry/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATUPenanganan limbah bahan berbahaya dan beracun (Limbah B3) menjadi perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Batu.

Usaha yang berpotensi menghasilkan limbah B3, antara lain rumah sakit, puskesmas, hotel, dan tempat wisata. Para pengelolanya perlu diberi pengetahuan serta pemahaman dalam penanganannya.

Sosialisasi tentang penanganan limbah B3 menjadi cara Pemkot Batu, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Kabid Pengendalian dan Penanggulangan Pemcemaran Lingkungan Hidup DLH Kota Batu, Made Suardika, mengatakan, limbah B3 harus benar-benar ditangani agar tidak menimbulkan pencemaran. 

"Untuk itu sosialisasi teknis seperti pelatihan penanganan harus diberikan, karena limbah B3 tidak boleh dibuang sembarangan," ujar Made kepada TIMES Indonesia, Selasa (17/7/2018).

Harapannya, setelah disosialisasikan,  mereka memahami cara menanganinya, hingga ada upaya lebih terpadu yang dilakukan para pengelola dan pelaku usaha tersebut.

Tidak berhenti pada sosialisasi, DLH Kota Batu pun menindaklanjutinya dengan melakukan pengawasan. 

"Kami melakukan pengawasan, apakah penanganan limbah B3 sudah diterapkan, kalau tidak akan dikenai sanksi," ujarnya.

Untuk urusan penanganan limbah B3, Pemkot Batu tengah menyiapkan peraturan wali kota (perwali) terkait hal itu, yang berlaku di wilayah Kota Batu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES