Peristiwa Daerah

Di Bumi Shalawat Nariyah, FKS Situbondo Berpacu Kembangkan Desa Sehat

Selasa, 17 Juli 2018 - 14:51 | 54.15k
Foto Bersama Pengurus FKS, FKKS dan Pokja Desa di Desa Tanjung Kamal Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo (FOTO: Fawaid Aziz/TIMES Situbondo)
Foto Bersama Pengurus FKS, FKKS dan Pokja Desa di Desa Tanjung Kamal Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo (FOTO: Fawaid Aziz/TIMES Situbondo)

TIMESINDONESIA, SITUBONDO – Melalui FKS Situbondo (Forum Kota Sehat Kabupaten Situbondo) mengajak desa untuk berpacu mengembangkan desa sehat melalui program Pokja Desa SehatSebab, jika desanya bersih dan rapi, maka pola hidup masyarakat Kota Bumi Shalawat Nariyah akan sehat.

Dalam Bimbingan Teknis (BIMTEK) Pokja Desa sehat yang digelar FKS di Desa Tanjung Kamal, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Selasa (17/7/2018)

Ketua FKS Situbondo Lutfil Amin menjelaskan, FKS Situbondo akan terus melakukan pembinaan kepada Pokja Desa Sehat se Kabupaten Situbondo. Tujuannya untuk merumuskan kegiatannya agar bisa memastikan desa yang ada di Situbondo benar-benar bersih dan Sehat.

Program Forum Kota Sehat mendapatkan mandat dari Pemerintah Kabupaten Situbondo. Dalam hal ini Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto,SH memastikan setiap kecamatan dan desa melalui Forum Komonikasi Kecamatan Sehat (FKKS) di tingkat kecamatan.

"Ada juga Pokja Desa Sehat di tingkat desa agar semua lini bisa dipastikan bersih, sehat, dan layak untuk dihuni masyarakat Kota Bumi Shalawat Nariyah,'' ujarnya.

Selain itu, lanjut Lutfi, di samping memastikan bahwa desa sudah bersih dan sehat, FKS Situbondo juga dituntut untuk memastikan fasilitas lainnya. Seperti kesehatan, pendidikan, perumahan, perkantoran, ketersediaan fasilitas pemulihan gizi.

Khususnya bagi anak dan balita juga keamanan transportasi bagi warga masyarakat baik di desa maupun di kota. Hal ini menjadi tugas dan tanggung jawab kita semua.

Sementara, Kepala Desa Tanjung Kamal Samsul merespons baik ketua FKS Situbondo. "Kami sudah melakukan beberapa kegiatan seperti Deklarasi Jagan Buang Air Besar di Sungai dan Tidak Buang Sampah Sembarangan dilanjutkan bedengan bersih-bersih lingkungan hal ini merupakan upaya desa bersama pokja desa untuk memastikan masyarakat bisa hidup sehat bersih,'' terangnya.

FKS Situbondo akan terus mengajak desa untuk mengembangkan desa sehat lewat Pokja Desa Sehat agar masyarakat Kota Bumi Shalawat Nariyah juga sehat. "Akhirnya masyarakat akan lebih sejahtera karena masyarakat tidak gampang sakit,'' terang Lutfi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Situbondo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES