Peristiwa Daerah

Kekeringan, Tiga Kecamatan di Probolinggo Kesulitan Air Bersih

Selasa, 17 Juli 2018 - 14:37 | 64.63k
Daua warga di Desa Liprak kidul, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, sedang mengangkut air bersih menggunakan drigen.(FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)
Daua warga di Desa Liprak kidul, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, sedang mengangkut air bersih menggunakan drigen.(FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Memasuki pergantian musim hujan ke musim kemarau tahun 2018 ini. Ada tiga Kecamatan di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, mengalami kekeringan dan kesulitan air bersih.

Hal itu diungkapkan Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad, saat melakukan droping air bersih, di Desa Liprak kidul, Kecamatan Banyuanyar, Selasa (17/7/2018).

Kapolres mengungkapkan, sesuai laporan yang diterimanya dari masyarakat dan pihak terkait lainnya, bahwa di Kabupaten Probolinggo, ada tiga Kecamtan yang kekurangan aiar bersih, yakni Kecamatan Lumbang, Bantaran dan Banyuanyar.

“Itu data sementara yang kami terima. Dari itu kami akan melakukan droping air bersih secara berkala terhadap Desa-desa yang terdampak kekeringan dan kekurangan air bersih. Belum tahu ada berapa Desa yang mengalami kesulitan air bersih,” terang Fadly.

“Ini kesesuan pembagian dari Pemkab dan BPBD Probolinggo, dimana kami mendapat bagian droping air bersih pertama kali di Desa Liprak kidul ini, dan ini kami mengambil langkah bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Probolinggo,” tambah mantan Kapolres Tuban ini.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Anung Widiyarto mengatakan, memang di sejumlah Kecamatan di Kabupaten Probolinggo, yang rawab mengalami kekreingan.

“Kami sudah mengambil langkah-langkah untuk mensuplay air bersih ke sejumlah Desa yang mengalami kekurangan air bersih. Berdasarkan laporan yang ada sudah empat bulan ini, sebagian Desa yang mengalami kekeringan di Kabupaten Probolinggo," papar Anung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES