Peristiwa Daerah Ketahanan Informasi Desa

Sukseskan TMMD Kodim Banjarnegara, Keslap Beri Pendampingan Melekat

Selasa, 17 Juli 2018 - 04:21 | 21.29k
Serma Wanto, keslap, memberikan pengobatan kepada anggota Satgas TMMD. (FOTO: ajp.YIMES Indonesia)
Serma Wanto, keslap, memberikan pengobatan kepada anggota Satgas TMMD. (FOTO: ajp.YIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Desa

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – TNI berkarya kembali membangun desa pinggiran atau terpelosok di tahun 2018 melalui programnya yaitu TMMD Kodim Banjarnegara. Karya TNI tersebut diwujudkan dalam membangun desa yang terletak 53 kilometer dari pusat pemerintahan kabupaten, yaitu Desa Pasegeran, Kecamatan Pandanarum. 

Dalam setiap pembangunan melalui TMMD, Satgas TMMD selalu didampingi tenaga medis lapangan yang biasa disebut Keslap (Kesehatan Lapangan). Personel Kesehatan lapangan TMMD sifatnya mobile dan tidak hanya di Pos Kesehatan saja.

Keslap selalu siaga 24 jam dalam membantu penanganan kesehatan bukan hanya bagi personel TNI-nya saja, melainkan warga masyarakat sasarannya juga menjadi perhatian. Mereka tergabung dalam Satgas TMMD dan akan berada di desa sasaran sampai dengan penutupan TMMD.

Di lokasi pengecoran jalan rabat beton TMMD sepanjang 1,1 kilometer, Nampak Serma Wanto, Satgas TMMD kesehatan dari Denkesyah 04.04.01 Purwokerto sedang melayani salah satu anggota Satgas TMMD yang mengalami gangguan kesehatan, Kopda Romdi Satgas TMMD dari Yonif 406/CK.

Setelah dilakukan pemeriksaan denyut nadi maupun tekanan darah serta sakit apa yang dikeluhkan kopral tersebut, Wanto memberikan obat demam kepada Romdi yang kurang enak badan. Selanjutnya menganjurkan untuk yang bersangkutan istirahat kembali kerumah warga yang ditempati (orang tua asuh).

Serma Yanto juga tidak lupa memberikan multi vitamin kepada yang bersangkutan, serta mencatat nama dibuku pasien untuk dilaporkan kepada Dansatgas TMMD Reguler Banjarnegara, Letkol Inf. Bagas Gunanto, untuk menerima petunjuk lebih lanjut.

Meski perannya sebagai tenaga medis lapangan, namun personel Keslap tersebut juga tidak jarang terjun disejumlah pekerjaan fisik TMMD. Hal ini dilakukan karena merasa sungkan hati kepada warga yang bekerja jika sedang tidak melayani pasien.

"Semoga setelah beristirahat dan minum vitamin, sakit Kopral Romdi segera berkurang dan besok bisa segera bergabung bersama-sama Satgas TMMD Kodim Banjarnegara lainnya kembali berkerja,” ucap Yanto. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES