Peristiwa Daerah Ketahanan Informasi Desa

Kolaborasi Satgas TMMD Kodim Banjarnegara dan Warga Tentukan Hasil Drainase

Senin, 16 Juli 2018 - 17:29 | 20.81k
Kolaborasi Pratu Fery Satgas TMMD dan Minanto warga Desa Pasegeran (FOTO: ajp.TIMES Indonesia)
Kolaborasi Pratu Fery Satgas TMMD dan Minanto warga Desa Pasegeran (FOTO: ajp.TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Desa

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Drainase jalan TMMD Kodim Banjarnegara terus telah memasuki tahap pemlesteran. Salah satu tekhnisi Satgas TMMD, Pratu Fery dari Yonzipur 4/TK, terlihat bersama Minanto tukang dari Dukuh Karanggondang Rt. 01 Rw. 04 Desa Pasegeran, sedang meratakan spesi plesteran yang terbuat dari portland cement dan pasir yang ditambah agregat halus dan air, Senin (16/7/18).

Pada dasarnya, yang dikerjakan keduanya sangat simple dengan menempelkan adukan/spesi termasuk dengan bantuan papan, agar saluran drainase lurus dan rapi. Sedangkan fungsi dari pemlesteran ini adalah untuk meningkatkan kekuatan struktur saluran air, meratakan permukaan saluran dan melindunginya dari air atau cuaca yang ekstrim sehingga berdaya guna lama.

Saluran drainase ini nanti akan dilanjutkan ketahap pengacian setelah kering. Menurut Minanto, pembangunan saluran ini sangatlah penting guna menjaga keawetan rabat beton yang sedang dibangun sepanjang 1.170 meter.

“Saluran ini untuk mengalirkan air hujan menuju irigasi. Selain itu manfaatnya juga untuk para petani dalam menyediakan tambahan air pertanian,” terangnya pada TIMES Indonesia.

Manfaat lain dari saluran ini adalah untuk memperbesar tingkat kestabilan tanah pada bagian berem jalan (bagian samping jalan). Kualitas adukan semen tersebut dapat disesuaikan dengan desain yang direncanakan dan pastikan dapat mengikat konstruksi dengan kuat.

Bantuan tenaga warga kepada para Tekhnisi TMMD tersebut, adalah bukti kepekaan dan antusias warga dalam bersinergi dengan kami TNI, hal ini akan sangat mempercepat pembangunan Obyek-obyek Fisik TMMD Kodim Banjarnegara lainnya karena waktu pelaksanaan kegiatan yang hanya 30 hari dengan semua sasaran harus tercapai maksimal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES