Pendidikan

Support Amazing Blitar, KKN UM Gelar Pelatihan Hidup Bersih

Selasa, 17 Juli 2018 - 12:02 | 57.76k
Para mahasiswa KKN UM mengajari warga desa hidupbersih lewat pelatihan. (FOTO: KKN UM for TIMES Indonesia)
Para mahasiswa KKN UM mengajari warga desa hidupbersih lewat pelatihan. (FOTO: KKN UM for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Spirit Amazing Blitar di segala lini yang digaungkan Pemkab Blitar mendapat support banyak pihak. Tak terkecuali mahasiswa KKN UM  di Desa Gandusari, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jatim. Mereka menggelar pelatihan hidup bersih bagiwarga desa.

Pelatihan yang diadakan Kamis, 5 Juli 2018, ini bertempat di Balai Desa Gandusari. Peserta yang mengikuti sekitar 30 anak. Pada pelatihan ini pemateri diisi rekan KKN UM, Rafi Syafitri, jurusan PGSD Universitas Negeri Malang.

Sedangkan untuk praktik dibuat per kelompok. Masing-masing kelompok ada yang memperagakan bagaimana menggosok gigi, memotong kuku, dan mencuci tangan.

Anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan hari itu. Mereka sangat aktif untuk bertanya dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang di berikan oleh pemateri.

’’Alhamdulillah anak-anak sangat memahami materi yang diberikan. Mereka dapat mempraktikkan materi yang diberikan. Seperti cara mencuci tangan. Semoga pelatihan ini dapat di terapkan saat mereka di rumah,’’ ujar pemateri, Rafi Syafitri.

Pelatihan ini dibuat dengan alas an bahwa penyakit atau gangguan kesehatan bisa datang kapan saja dan dari mana saja. Salah satunya akibat pola hidup yang kurang sehat. Pola hidup yang tidak sehat pun berasal dari berbagai pengaruh.

Seperti tidak mencuci tangan sehabis buang air besar/kecil, membiarkan kuku kotor, malas menggosok gigi, makan-makanan sembarang, dan masih banyak lagi. Pola hidup sehat menjadi penerapan yang semestinya tidak kita abaikan setiap hari.

Selama kegiatan, acara ini berjalan dengan lancar. Kegiatan ditutup dengan memberikan kue dan minuman sari kedelai untuk anak-anak. Pelatihan ini merupakan salah satu bagian dari program kerja KKN UM Gandusari yang diharapkan akan menjadi pengetahuan kepada anak-anak untuk menerapkan pola hidup sehat. Baik di rumah maupun di sekolah. Dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, maka badan akan sehat dan produktif.

Semua program positif KKN UM ini sangat selaras dengan spirit Amazing Blitar yang diusung Pemkab Blitar. Kegiatan-kegiatan mereka pun sangat bermanfaat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES