Peristiwa Daerah Ketahanan Informasi Desa

Lihat Mbah Sahmadi Angkut Rumput, Satgas TMMD Ini Langsung Sigap

Selasa, 17 Juli 2018 - 09:20 | 183.00k
Koptu Yanto menggendong kayu bersama mbah Sahmadi seorang petani desa Pasegeran. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Koptu Yanto menggendong kayu bersama mbah Sahmadi seorang petani desa Pasegeran. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Desa

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Menjadi seseorang yang penting adalah sebuah prestasi hebat. Namun lebih hebat lagi adalah menjadi orang yang berguna bagi orang lainnya. Inilah Koptu Yanto, Satgas TMMD Kodim Banjarnegara, salah satu TNI dan juga anak petani yang berjiwa sosial di lokasi TMMD.

Bukan untuk pamer ataupun publikasi, dirinya membantu Sahmadi, (60), petani dari Dusun Kroya Rt. 02 Rw. 03 Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum. Ya saat melihat nenek paruh baya sedang menggendong rumput pakan ternak dan kayu hutan, Yanto segera meraih kayu hutan tersebut untuk meringankan beban Mbah Sahmadi.

Dalam mencari pakan ternak, nenek itu sekaligus mencari kayu hutan untuk dijadikan kayu bakar. Sungguh nenek yang sehat dan masih kuat. Selama ini warga menggangkut kayu bakar maupun rumput secara manual dengan dipikul, dipanggul maupun digendong.

Hal ini karena akses dari dan menuju kebun dan hutan sangat sulit dilalui oleh kendaraan beroda dua. Warga sebelumnya lebih memilih cara tersebut karena dinilai lebih aman daripada naik motor atau sepeda dengan resiko jatuh atau terpeleset karena jalan licin, becek dan berbatu serta ditambah terjal ekstrim ala pegunungan.

Dengan adanya TMMD Kodim Banjarnegara, yang saat sedang mengecor jalan rabat beton sepanjang 1,1 kilometer dan lebar 3 meter, kedepan acara mencari kayu hasil hutan dan rumput pakan ternak bisa menggunakan sepeda ataupun roda dua.

Kegiatan seperti inilah adalah bukti bahwa TNI sangat humanis dan mudah tersentuh hati. Terutama ketika melihat sesamanya dalam kerepotan. Ini karena sebagian besar prajurit TNI berasal dari keluarga petani yang dimasa kecilnya sudah terbiasa dengan pekerjaan seperti ini.
 
Warga kini sudah mengganggap Satgas TMMD sebagai keluarga sendiri, bahkan mereka tidak cangung lagi memanggil para prajurit tersebut hanya untuk mendapatkan pertolongan.

Dengan dibantunya nenek tersebut dalam memanggul kayu hutan, warga lainnya juga merasa senang. Bukan saja jalan yang kini dibangun, namun kepedulian sosial juga terus dibangun oleh satgas TMMD.

“Saya ucapkan terima kasih banyak kepada Pak Yanto, yang mau peduli kepada warga saya,” ungkap Kades Pasegeran, Aris Winarno memberikan apresiasi saat melihat kejadian di lokasi TMMD Kodim Banjarnegara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES