Ekonomi

Diskoperindag Berikan Pelatihan Perajin Batik Bondowoso

Selasa, 17 Juli 2018 - 05:36 | 60.12k
Pembukaan dan penyampaian materi dalam pelatihan batik di aula Diskoperindag Kabupaten Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Pembukaan dan penyampaian materi dalam pelatihan batik di aula Diskoperindag Kabupaten Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSODiskoperindag (Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan) Bondowoso, memberikan pelatihan kepada perajin batik Bondowoso skala IKM (Industri Kecil Menengah), Senin (16/7/2018).

Acara pelatihan tersebut, dilaksanakan selama seminggu di aula Diskoperindag hingga hari Minggu (22/7/2018) Mendatang.

Menurut Iffah Febriyani, ST, Kasi Industri Kimia, Tekstil dan Aneka, kegiatan ini bertujuan untuk terus meningkatkan keterampilan pembatik yang ada di kabupaten Bondowoso.

“Targetnya, pelaku IKM batik Bondowoso, dapat memproduksi batik ramah lingkungan,  menggunakan bahan pewarna alam, yang bahan bakunya tersedia di bumi Bondowoso tercinta, dan menciptakan batik-batik asli derah dengan kualitas yang bisa terjamin,” katanya.

Dalam pelatha ini, peserta diajarkan membuat desain batik Bondowoso, yang  berdaya saing, berciri khas lokal yang penuh makna dan memiliki filosofi.

Sementara materi pelatihan batik selama seminggu tersebut, dibuat secara lengkap. Mulai, memberikan pemahaman tentang potensi dan peluang pasar batik Bondowoso.

Selian itu, juga diberikan penyadaran  pentingnya perizinan bagi IKM batik, batik berwawasan lingkungan, diseminasi seni batik dan batik mark, hak kekayaan intelektual, praktik membuat bahan pewarna alam, dan membuat batik pewarna alam berpola.

Diskoperindag Kabupaten Bondowoso, berharap  pelatihan itu, dapat menumbuhkembangkan rasa cinta perajin IKM batik Bondowoso, untuk menciptakan batik khas daerah yang berkualitas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES