Politik

Baru Dua Parpol Serahkan Daftar Caleg

Senin, 16 Juli 2018 - 23:53 | 49.97k
Komisioner KPU saat menerima berkas pendaftaran caleg Partai Golkar Kabupaten Madiun. (FOTO: Pamula/TIMES Indonesia)
Komisioner KPU saat menerima berkas pendaftaran caleg Partai Golkar Kabupaten Madiun. (FOTO: Pamula/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Partai politik (parpol) di Kabupaten Madiun baru mendaftarkan calon anggota legislatif (caleg) saat injury time. Partai Nasdem menjadi parpol pertama yang mengajukan daftar caleg ke KPU Kabupaten Madiun disusul Partai Golkar. 

Penyerahan daftar caleg ke kantor KPU Kabupaten Madiun dilakukan secara berurutan mulai pukul 15.00 WIB. Daftar caleg dua parpol tersebut diserahkan langsung oleh ketua bersama jajaran pengurus parpol bersangkutan. 

Terkait komposisi caleg, baik Nasdem dan Golkar telah memenuhi batas keterwakilan perempuan yakni 30 persen. Golkar mendaftarkan 45 orang caleg terdiri dari 24 caleg laki-laki dan 21 caleg perempuan. "Jumlah caleg perempuan dari Golkar sudah melebihi batas minimal 30 persen. Bahkan hampir separuh," ujar Mujono, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Madiun usai mendaftar, Senin (16/7/2018).

Mujono menegaskan, partainya sudah menyiapkan persyaratan caleg sesuai ketentuan. Dengan harapan tidak ada masalah administratif yang muncul di kemudian hari. "Sudah menjadi niat bersama antara parpol dan KPU agar berjalan lancar dan tidak ada masalah apapun," tegasnya.

Menjelang penutupan pendaftaran, tercatat baru dua parpol peserta pemilu yang mendaftarkan calegnya. Sedangkan 14 parpol lainnya belum mendaftar. "Besok pendaftaran akan ditutup," kata Anwar Soleh Azarkoni, Komisioner KPU Kabupaten Madiun. 

Bagi parpol yang mendaftar hari ini, masih diberikan kesempatan memenuhi kekurangan berkas hingga hari terakhir pendaftaran caleg. "KPU menyediakan fasilitas untuk memperbaiki berkas saat penyerahan. Kalau tidak selesai maka akan dibuatkan berita acara pengembalian untuk dilengkapi pada 17 Juli 2018," tegas Komisioner KPU Kabupaten Madiun ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Madiun

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES