Peristiwa Daerah Ketahanan Informasi Desa

TMMD Kodim Banjarnegara Pelopori Stop BABS Warga Pasegeran

Senin, 16 Juli 2018 - 15:17 | 26.95k
Satgas TMMD Banjarnegara bersama warga membuat sanitasi lingkungan berupa jambanisasi. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Satgas TMMD Banjarnegara bersama warga membuat sanitasi lingkungan berupa jambanisasi. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Desa

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Pembuatan sanitasi lingkungan berupa program Jambanisasi TMMD Kodim Banjarnegara sebanyak 32 Unit terus dilanjutkan dihari keenam sejak TMMD dibuka 10 Juli lalu, Minggu (16/7/18).

Pembangunan ini dilakukan guna menuju keluarga yang sehat sehingga diharapkan natinya warga tidak lagi Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Program ini diperuntukkan bagi keluarga yang kurang mampu atau memang tidak memilikinya.

Dikatakan Danramil 06/Kalibening Kodim 0704/Banjarnegara, Kapten Inf Asep Zaenal, saat mengecek pembuatan jamban di rumah Turyono, warga Dusun/Desa Pasegeran Rt. 01 Rw. 02, bahwa pembuatan jamban bagi keluarga prasejahtera di Dusun/Desa Pasegeran ini guna menciptakan lingkungan pemukiman yang bersih, sehat dan higienis. Masih ada warga yang melakukan kegiatan BAB yang masih tidak sesuai dengan norma kebersihan lingkungan.

“Harapan kami adalah setelah selesai pembuatan jamban ini, warga akan malu dengan budaya BAB sembarangan. Pasti kedepannya akan meningkatkan derajad kesehatan mereka,” ucapnya pada TIMES Indonesia.

Selain itu, pengecekan ini dilakukannya untuk memastikan kualitas pekerjaan yang akan ditinggalkan untuk ke-32 warga maksimal. Jambanisasi merupakan salah satu sasaran program TMMD Reguler 102 Kodim Banjarnegara yang masih terus dikebut pelaksanaannya.

Sebelum mendapatkan bantuan jamban, warga terlebih dahulu didata dan dilakukan pengecekan awal oleh Babinsa bersama perangkat desa setempat sehingga tepat sasaran bagi peruntukannya.

Tampak Satgas TMMD gotong-royong bersama warga untuk memasang tutup lubang pembuangan dengan menggunakan bambu yang dipotong kemudian dilapisi plastik untuk selanjutnya dilakukan penimbunan. Pembangunan sanitasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesehatan warga yang kurang mampu membuat jamban sendiri.

Kodim 0704  melalui TMMD Kodim Banjarnegara turut berupaya dalam mendukung program pemerintah, Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dimana sasarannya adalah warga yang tidak mampu dan tidak mempunyai jamban, sehingga kebersihan lingkungan kedepan akan lebih terjaga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES