Kesehatan

Yuk, Atasi Kebiasaan Mengorok Dengan Posisi Tidur Ini!

Selasa, 17 Juli 2018 - 03:25 | 31.14k
Mengorok saat tidur. (FOTO: leitrimobserverie)
Mengorok saat tidur. (FOTO: leitrimobserverie)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKebiasaan mengorok saat tidur bisa mengganggu kualitas tidur seseorang. Mengorok bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah posisi tubuh saat tidur. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan posisi tidur agar Anda terbebas dari kebiasaan mengorok.

Menurut American Association of Oral and Maxillofacial Surgeons (AAOMS) posisi tidur yang mudah membuat orang mendengkur adalah posisi tidur terlentang. Hal ini disebabkan dasar lidah dan langit mulut mudah menutup area tenggorok, sehingga aliran udara menjadi menyempit dan timbul getaran di area mulut serta tenggorokan. Getaran inilah yang menimbulkan suara dengkuran.

Lalu, posisi tidur seperti apa agar tidak mengorok? Dilansir dari Klik Dokter, jika Anda merupakan salah satu orang yang sering mengorok saat tidur, sebaiknya tidurlah dengan posisi menyamping.

Menurut sebuah jurnal yang dipublikasikan di tahun 2003, sejumlah 72 pasien dari sebagian besar pasien di Jepang mengalami penurunan intensitas mendengkur ketika tidur dengan posisi menyamping.

Selain posisi tidur menyamping, posisi lain yang disarankan oleh para ahli adalah dengan menyangga bagian atas tubuh dan kepala dengan bantal sekitar 10 sentimeter lebih tinggi saat tidur. Cara ini juga dapat menjaga agar lidah tidak terdorong ke belakang saat tidur, yang dapat menghalangi jalan napas dan menyebabkan mengorok.

Itulah tips mengatasi kebiasan mengorok saat tidur. Dengan posisi tidur yang tepat Anda bisa terbebas dari gangguan tidur ini dan kualitas tidur Anda bisa meningkat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES