Kesehatan

Awas! Ini Akibatnya Sering Bekerja di Malam Hari

Selasa, 17 Juli 2018 - 01:22 | 40.17k
Bekerja di malam hari. (FOTO: media.ihram.asia)
Bekerja di malam hari. (FOTO: media.ihram.asia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebuah perusahaan atau tempat kerja memiliki jam kerja yang berbeda. Jam kerja yang paling efektif adalah mulai dari pagi hingga sore. Sebab, waktu tersebut adalah waktu yang ideal untuk beraktivitas, lalu di malam hari bisa beristirahat. Sebaliknya, bekerja di malam hari hingga pagi hari bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Apa saja dampak buruk bekerja di malam hari tersebut? Berikut ulasannya.

1. Obesitas dan Diabetes
Bekerja di malam hari akan membuat Anda terserang obesitas dan diabetes. Hal ini dikarenakan, bekerja di malam hari akan membuat Anda memiliki keinginan untuk makan malam atau hanya sekedar menyantap makanan ringan atau ngemil. Selain itu, obesitas dan diabetes juga disebabkan oleh pergeseran jam tidur yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon.

2. Kanker
Kanker bisa menyerang siapa saja yang memiliki kebiasaan hidup tak sehat, apalagi jika Anda adalah orang yang suka bekerja di malam hari, terutama bagi pekerja wanita. Mereka memiliki risiko terkena kanker payudara lebih besar. Selain itu, bekerja malam hari juga akan kekurangan vitamin D yang menyebabkan kanker lainnya  yakni kanker usus.

3. Depresi
Tahukah Anda, selain bisa berdampak buruk pada kesehatan fisik, bekerja di malam hari juga bisa berpengaruh pada kesehatan mental. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bekerja di malam hari bisa meningkatkan gangguan suasana hati dan depresi.

Meski bekerja sangat penting untuk Anda, sebaiknya perhatikan jam kerja Anda. Lebih baik Anda bekerja dari pagi hingga sore hari, daripada bekerja di malam hari. Hal ini karena bekerja di malam hari bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES