Peristiwa Nasional Bondowoso Republik Kopi

Mendes PDTT RI Imbau Masyarakat Bondowoso Kawal Dana Desa

Senin, 16 Juli 2018 - 21:16 | 36.07k
Mendes PDTT RI Eko Putro Sandjoyo BSEE., M.BA, saat menyampaikan sambutan dalam kunjungan kerja di Ponpes Darul Falah Ramban Kulon Cermee. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Mendes PDTT RI Eko Putro Sandjoyo BSEE., M.BA, saat menyampaikan sambutan dalam kunjungan kerja di Ponpes Darul Falah Ramban Kulon Cermee. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, BONDOWOSOMendes PDTT RI (Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia), Eko Putro Sandjoyo, mengimbau agar masyarakat di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, ikut serta mengawal dana desa.

Hal itu disampaikan saat peninjauan PKT (padat karya tani), di desa Ramban Kulon, Kecamatan Cermee, Kabupaten Bondowoso, Senin (16/7 2018), yang sekaligus silaturrahim dengan tokoh agama, di Ponpes Darul Falah, di desa setempat.

pdtt-dana-desa-2.jpg

Di depan tiga ribu lebih masyarakat yang hadir, Mendes PDTT RI menegaskan, bahwa setiap alokasi dana desa itu, harus diusulkan oleh masyarakat. Karena dana itu, kata dia, tidak efektif tanpa peran masyarakat.

“Dana desa harus betul-betul betmanfaat bagi masyarakat di desa. Misalnya, melalui pembentukan badan usaha milik desa, pengelolahan pasca panen, dan banyak hal lain yang dapat dilakukan dengan dana itu," katanya.

Bahkan, lanjut dia, setiap tahun presiden terus menambah dana desa. Meski tahun ini, kata dia, bapak presiden tetap menganggarkan Rp 60 triliun, tapi afirmasinya dibagi dengan baik. Sebanyak 80 persen dibagi rata, 20 persen untuk afirmasi. Jadi, untuk tahun 2018, setiap desa bisa mendapatkan Rp 800 juta hingga Rp 3,5 miliar.

pdtt-dana-desa.jpg

“Selama tiga tahun ini, presiden Joko Widodo telah mengucurkan dana desa, lebih dari Rp 187 triliun, dan setiap tahun terus dinaikkan. Maka DD ini, harus dimanfaatkan dengan baik, untuk kesejahteraan  rakyat,” terangnya.

Dia juga menyampaikan salam, dari presiden Joko Widodo, yang dititipkan kepadanya, untuk masyarakat kabupaten Bondowoso.

Sementara itu, Bupati Bondowoso, H Amin Said Husni, mengucapkan banyak terima kasih kepada Mendes PDTT RI, yang telah sudi berkunjung ke Kabupaten Bondowsoso Republik Kopi (BRK).

“Program Presiden Jokowi, Desa Membangun Indonesia, sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya di Kabupaten Bondowoso,” jelas Presiden BRK itu.

Mewakili masyarakat Bondowoso, Bupati dua periode tersebut, menyampaikan terima kasih, dan salam kepada Presiden Joko Widodo.

Hadir dalam kunjungan kerja Mendes PDTT RI, Eko Putro Sandjoyo itu, anggota DPR RI Farksi PKB Nihayatul Wafiroh, Bupati Bondowoso, H Amin Said Husni, Plt Sekda Bondowoso, H Karna Suswandi, Kapolres Bondowoso, AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi, Dandim 0822 Letkol Inf Tarmuji, Forkopimda, Jajaran Kepala Desa, dan Pengawas Desa Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES