Tekno

Robot Buatan Mahasiswa UNY Menangi Perlombaan KRI 2018

Senin, 16 Juli 2018 - 19:59 | 76.03k
Tim Rosemery dari UMY Yogya saat menjadi juara dalam Kontes Robot Indonesia 2018. (FOTO: Riyadi/TIMES Indonesia)
Tim Rosemery dari UMY Yogya saat menjadi juara dalam Kontes Robot Indonesia 2018. (FOTO: Riyadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Prestasi membanggakan diraih mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Ya, satu dari lima tim robot yang dikirimkan pada perlombaan Kontes Robot Indonesia (KRI) 2018 berhasil meraih juara 1.

Tim tersebut adalah Tim Rosemery yang mengikuti perlombaan Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI).

“Alhamdulillah, tahun ini, kami berhasil mempertahankan Juara. Semoga tahun depan generasi penerus Robotika UNY bisa mempertahankan, jangan terlena dengan kemenangan yang kita dapat ditahun ini,” kata Ketua Tim Rosemery, Rahmad Prasetyo.

Rahmad menambahkan, kemenangan Tim Rosemery tersebut tidak lepas dari dukungan civitas akademika UNY. Perjuangan yang dilalui tim ini berliku. Saat mengikuti perlombaan, ada saja rintangan yang dialami tim robot ini.

Saat pada babak penyisihan, robot Rosemery sempat terjatuh, kurang serasinya gerakan, hingga masalah hardware. Sementara tim robot dari perguruan tinggi lain tak ada masalah seperti tim robot UGM, PENS, UB, dan ITS.

“Setelah melalui perjalanan yang cukup berat akhirnya semua kendala yang terjadi dapat teratasi dengan baik, semua itu berkat kekuatan tim dan doa dari semua pendukung termasuk civitas akademika UNY,” papar Rahmad.

Perlombaan akbar Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Nasional 2018 dilaksanakan di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada 11 hingga 13 Juli 2018. Sebanyak 91 Tim dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia unjuk kebolehan dan adu robot pada kontes ini.

Dalam perlombaan ini, UNY mengirimkan lima tim di kontes ini yaitu Tim Maestro_Evo dalam Kontes Robot ABU Indonesia, Tim Mobo-Evo dalam Kontes Robot Sepak bola Beroda Indonesia, dan Tim Gareng Punk dalam Kontes Robot Pemadam Api Indonesia. Kemudian ada tim Al-‘Aadiyaat dalam Kontes Robot Sepak Bola Humanoid Indonesia, dan Tim Rosemery dalam Kontes Robot Seni Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES