Peristiwa Nasional Kirab Pemuda 2018

Membangun Patriotisme, Ini Rute Perjalanan Kirab Pemuda 2018

Senin, 16 Juli 2018 - 17:32 | 82.14k
Kirab Pamuda 2018. (FOTO: kirabpemuda2018.com)
Kirab Pamuda 2018. (FOTO: kirabpemuda2018.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKirab Pemuda 2018 yang akan digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora RI) sudah didepan mata. Pendaftaran sudah mulai dibuka. Pawai (perjalanan napak tilas) kebhinekaan ini akan menjelajah Nusantara dengan rute perjalanan yang sudah ditentukan.

Sesuai dengan Undang-Undang No 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan, kirab ini dilaksanakan oleh WNI berusia 16-30 tahun, dengan melintasi seluruh provinsi di Indonesia.

Rute-Kirab-Pemuda-1.jpg Rute Zona 1. (FOTO: kirabpemuda2018.com)

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dikemas dengan kekinian, kreatif, patriotik, gembira, massal, kompetitif, dan tak terlupakan (unforgettable/memorable)

Kegiatan ini diharapkan menjadi sarana tepat untuk memfasilitasi para pemuda agar dapat meningkatkan kreativitas, kapasitas, kemandirian, daya saing, dan nilai patriotisme, sehingga dapat membangkitkan semangat nasionalisme untuk membangun bangsa, menjaga kebhinnekaan, persatuan dan kedaulatan NKRI.

Beberapa tujuan dari Kirab Pemuda 2018 ini, diantaranya, untuk meningkatkan persatuan dan patriotisme pemuda selaras dengan makna Bhinneka Tunggal Ika.

Rute-Kirab-Pemuda-2.jpg Rute Zona 2. (FOTO: kirabpemuda2018.com)

Mempromosikan kreativitas pemuda sebagai bagian dari upaya untuk memberdayakan potensi pemuda dan mendorong optimalisasi potensi daerah melalui peran pemuda, bersinergi dengan pemangku kepentingan terkait.

Selain itu, untuk mengkondisikan langkah-langkah inovatif dalam rangka meningkatkan perlindungan terhadap pemuda dari faktor-faktor destruktif.

Terakhir, untuk menginspirasi terlaksananya rangkaian program atau kegiatan kepemudaan di seluruh daerah untuk melakukan pelayanan kepemudaan, memenuhi hak pemuda, dan membuka seluas-luasnya partisipasi pemuda dalam pembangunan

Dikutip dari kirabpemuda2018.com, zona 1 perjalanan kirab pemuda diantaranya, Pekanbaru, Jambi, Palembang, Pangkal Pinang, Lampung, Serang, Jakarta, Denpasar, Pontianak, Balikpapan, Palangkaraya, Banjarmasin.

Untuk rute perjalanan zona 2 Kirab Pemuda 2018, diantaranya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Mataram, Bajo, Ende, Kupang, Makassar, Kendari, Mamuju, Palu, Gorontalo, Manado, Sofifi, Ambon, Manokwari, Sentani (titik start Jayapura). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES