Pendidikan

Dinas Pendidikan Bojonegoro Melarang Praktik Plonco kepada Siswa Baru

Senin, 16 Juli 2018 - 15:50 | 31.82k
ILUSTRASI: Siswa baru. (FOTO: Merdeka)
ILUSTRASI: Siswa baru. (FOTO: Merdeka)

TIMESINDONESIA, BOJONEGORO – Disdik (Dinas Pendidikan) Provinsi Jawa Timur Cabang Bojonegoro melarang segala bentuk MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) yang berisi aksi kekerasan atau praktik plonco terhadap murid baru. Oleh karena itu, jika masih ditemukan, Disdik Bojonegoro tidak segan-segan akan memberi peringatan.

"Disdik akan menindak sekolah yang melakukan tindakan kekerasan. Seperti plonco terhadap siswa didik baru, artinya tindakan itu tidak sesuai dengan tujuan MPLS," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, Cabang Bojonegoro, Sumiarso, di Bojonegoro, Senin (16/7/2018).

Rencananya, pelaksanaan masa pengenalan lingkungan sekolah di wilayah Bojonegoro akan digelar selama lima hari dan dimulai hari ini. Proses pengenalan tersebut ditangani langsung oleh guru dengan materi yang bersifat edukatif.

Dirinya menjelaskan, tindak kekerasan terhadap siswa baru berdapak langsung terhadap psikologis, sehingga meraka merasa ketakutan dan menimbulkan sikap trauma yang berujung, siswa enggan berangkat sekolah.

"Saya minta pihak sekolah kreatif mengawasi setiap kegiatan dalam MPLS," tuturnya.

Selain itu, lanjut dia, para orang tua agar mendampingi dengan memberikan dukungan moril terhadap anak pada saat memasuki lingkungan sekolah yang baru. Karena, kerap kali masih bingung dengan dunia baru.

"Dengan dukungan orang tua, diharapkan anak secara moril siap dengan suasana baru yang menyenangkan sejak hari pertama. Dan di hari-hari selanjutnya anak akan lebih percaya diri," ujar dia, menerangkan.

Menurut Sumiarso, jika terdapat tindakan demikian, baik siswa maupun orang tua dipersilakan untuk melaporkan, dan Dinas Pendidikan siap menindaklanjuti laporan itu. "Jika ada temuan akan segera kami tindak lanjuti. Untuk sanksi minimal peringatan untuk sekolah itu," ucap Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, Cabang Bojonegoro, Sumiarso. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Bojonegoro

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES