Peristiwa Daerah Ketahanan Informasi Desa

Non Fisik TMMD Kodim Banjarnegara Sampaikan Wawasan Kebangsaan Lapangan

Senin, 16 Juli 2018 - 01:50 | 26.86k
Pasiter Kapten Inf Suharsana disela-sela waktu istirahat memberikan sedikit gambaran apa Wawasan Kebangsaan. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Pasiter Kapten Inf Suharsana disela-sela waktu istirahat memberikan sedikit gambaran apa Wawasan Kebangsaan. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Desa

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Satgas TMMD Kodim Banjarnegara terus merampungkan pekerjaan fosok dan non fisik di Desa Pasegeran Pandanarum Banjarnegara. 

Banyaknya kegiatan fisik yang masih harus dikejar, Pasiter Kodim 0704 Banjarnegara yang juga sebagai Koordinator Satgas TMMD, Kapten Suharsana, masih menyempatkan diri untuk memberikan pemahaman tentang wawasan kebangsaan kepada anak usia dini kepada Rudi (15), Rinto (16) dan Andi (14).

Ketiganya yang merupakan anak warga Dusun/Desa Pasegeran dan murid SMP N 1 Pandanarum, mendapatkan bimbingan lapangan dari Satgas TMMD dilokasi pembangunan rabat beton.

"Wawasan kebangsaan merupakan wujud dari sumpah pemuda yang menyatukan tekad menjadi bangsa yang kuat, dihormati dan disegani oleh bangsa lain. Jadi memang harus ditanamkan sejak usia dini ditingkat pelajar sekolah," kata Suharsana kepada TIMES Indonesia.

Menimpali apa yang telah dikatakan sebelumnya, Suharsana juga memaparkan secara gamblang dengan bahasa yang mudah dicerna ketiganya tentang salah satu wujud kecintaan terhadap tanah air dan bangsa, bisa dilakukan mulai dari diri sendiri dan hal yang terkecil sekalipun. Termasuk membantu pembangunan malalui ikut kerja bhakti seperti yang mereka lakukan saat ini yaitu membantu warga dewasa mengecor jalan.

Contoh lainnya adalah dengan memelihara lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Dan terkahir yang disampaikannya adalah menjaga dan memelihara aset fisik TMMD yang telah dibangun oleh TNI bersama seluruh komponen masyarakat, sehingga aset tersebut awet dan dapat dipergunakan dalam jangka waktu yang lama.

Itulah salah satu kesibukan Satgas TMMD Kodim Banjarnegara dalam mengisi waktu senggang dengan menggunakan waktunya untuk tetap memberikan hal positif bagi anak-anak bangsa di Pasegeran. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES