Peristiwa Daerah Ketahanan Informasi Desa

Dampak Pembangunan Jalan TMMD KOdim Banjarnegara Kian Terasa

Minggu, 15 Juli 2018 - 15:15 | 22.36k
Salmon Motor” Salman (35) warga Dusun/Desa Pasegeran akan mendapatkan berkah. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Salmon Motor” Salman (35) warga Dusun/Desa Pasegeran akan mendapatkan berkah. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Desa

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – “Salmon Motor” bengkel milik Salman warga Dusun/Desa Pasegeran Rt. 02 Rw. 01 Kecamatan Pandanarum, juga mendapatkan berkah pembangunan jalan beton yang sedang dilakukan oleh satgas TMMD Kodim Banjarnegara.

Salman juga mulai mendapatkan rejeki terkait pembangunan jalan rabat beton di desanya sepanjang 1.170 meter, walaupun jalan desanya masih dalam tahab pengerjaan. Terlihat Batituud Koramil 06/Kalibening Kodim 0704 Banjaenegara, Pelda Hermanto memasukkan motor trailnya untuk mendapatkan jasa dari Salman. Sabtu (14/7/2018).

Bengkelnya merupakan satu-satunya yang ada di Desa Pasegeran. Jika jalan beton sepanjang 1,1 kilometer yang sedang dibagun Satgas TMMD dan warga bagus nanti, banyak warga tentunya akan beralih menggunakan kendaraan beroda dua dalam mencari rumput, menjual hasil panen maupun menjual ternaknya. Kelima dusun di Desa Pasegeran dengan jumlah penduduk mencapai 3.049 jiwa, kedepannya akan dihiasi banyak sepeda motor.

Masyarakat mulai menatap jalan beton yang bagus, dengan kendaraan beroda dua tentunya. Semula warga memilih berjalan kaki atau menjual hasil buminya kepada tengkulak yang datang kedesa daripada membawanya ke pasar yang ada di Desa Lawen maupun di Desa Kalibening. Tentunya jika hasil bumi dan ternak dijual kepada tengkulak, akan dibeli dengan harga yang murah.

Iring-iringan warga pencari rumput juga akan berlaih menggunakan sepeda motor. Banyak warga akan menjual sebagian ternaknya untuk dijadikan uang muka kredit motor maupun membelinya secara cash. Saat ini banyak warga yang belum mempunyai sepeda motor, hanya golongan tertentu saja yang memilikinya. Warga biasa menggunakan mobil pengangkut terbuka berupa truk enkle maupun pick up jika akan pergi ke pasar atau kota Banjarnegara.

Kini dengan pembangunan desa melalui TMMD Reguler ke-102 Kodim Banjarnegara, berkah pembangunan tidak hanya dirasakan oleh warga desa sasarannya saja, melainkan banyak pihak penggiat jasa juga akan mendapatkan berkah. Pertumbuhan ekonomi baru tentunya perlahan-lahan akan dirasakan oleh warga di wilayah Kecamatan Pandanarum, termasuk para pemilik dealer motor juga akan ketiban rejeki.

“Terimakasih Pak, atas pembangunan jalan di desa. Semoga hasilnya akan dapat kami rasakan segera. Sekarang pendapatan saya sudah mulai bertambah berkat benyaknya orang yang sedang membangun desa,” ungkap pria ramah 35 tahun tersebut.

Rejeki yang dimaksud bagi Salman adalah, setelah jalan yang dibangun satgas TMMD Kodim Banjarnegara selesai nanti akan banyak masyarakat Pasegeran dan sekitarnya yang membeli motor. Tentu jika suatu saat motor rusak ataupun hanya service rutin, jasanya sebagai mekanik akan terpakai, sehingga pendapatannya bertambah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES