Wisata

Bermain di Pantai Selok, Sensasi Keamanan dan Kenyamanan Bermain di Laut Selatan

Senin, 16 Juli 2018 - 11:26 | 137.55k
Keindahan pantai Selok yang miskin ombak besar pada siang hari dari berbagai sudut. (FOTO: Widodo Irianto/TIMES Indonesia)
Keindahan pantai Selok yang miskin ombak besar pada siang hari dari berbagai sudut. (FOTO: Widodo Irianto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGWisata Pantai Selok di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jatim, bisa menjadi alternatif pantai yang aman untuk bermain dan mandi apalagi siang hari.

Di kawasan pantai ini ada banyak pilihan untuk benar-benar menikmati laut selatan itu dengan rasa aman. Misalnya, ada Pantai NgentubBanyu Meneng, dan sebagainya. Siang hari, musim sekarang, pantai-pantai itu miskin ombak besar.

Bukan hanya miskin ombak besar. Teluk Banyu Meneng itu juga airnya jernih sehingga bukan hanya orang tua saja yang senang menikmatinya anak-anak pun dengan aman bisa menikmati sepuasnya. Tidak banyaknya ombak besar di kawasan ini karena ombak besar langsung tertahan oleh pulau-pulau kecil yang ada di bibir lepas pantai.

Banyu-Meneng---widodo.jpg

Maka tak mengherankan bila kawasan yang bertetangga dengan pantai Kondang Merak itu selalu dikunjungi banyak wisatawan meski jalan menuju ke sana masih belum "halus". Tapi tahun ini APBN telah menyiapkan anggaran untuk meneruskan Jalur Lintas Selatan (JLS) ke kawasan itu.

Suasana di kawasan Selok juga asri. Pepohonan besar dan kawasan hutannya masih dipertahankan dengan baik. Sehingga masih teduh dan udaranya cenderung sejuk karena panas matahari tidak langsung tembus.

Tidak banyak warung. Warung ada yang jumlahnya sekitar tujuh itu pun juga tertata rapi. Flora dan faunanya juga masih terjaga, relatif imbang. 

Apalagi pengelolanya juga mengutamakan kebersihan, kerapian, ketenangan serta kenyamanan. Membuat wisatawan sangat betah untuk berlama-lama disitu. Terutama di pantai Banyu Meneng yang menyiapkan area camping. Sejumlah tenda yang dihuni sejumlah keluarga tampak berdiri di sana sini.

Peta-Pantai-Selok.jpg

Tidak mengherankan pula kawasan ini beberapa waktu terakhir ini dikunjungi banyak wisatawan mancanegara. "Kebanyakan dari Eropa dan Australia," kata pengelola pantai Selok, Zainur Aftar.

Bulan Oktober 2017 lalu ratusan wisatawan dari Eropa bahkan "membooking" pantai Banyu Meneng dua hari satu malam. Mereka menikmati kunjungan wisata disitu sebelum melanjutkannya ke Bali.

Mulai dari tenda besar, sound system mereka bawa sendiri. Bahkan seorang DJ juga didatang secara khusus untuk melayani mereka menyanyi dan menari. Lampu sorot dan lampu hias pohon juga dibawa. Semalam suntuk mereka menikmati kegembiraan di kawasan Banyu Meneng. "Kami berharap wisatawan mancanegara akan sering datang ke sini," tambah Zainur.

Zainur juga mengaku, ia bersama 40 an orang yang ikut terlibat dalam pengelolaan kawasan wisata Pantai Selok, mengutamakan kenyamanan pengunjung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES