Peristiwa Daerah

Gempa Tektonik Mengguncang Wilayah Bali dan NTB

Senin, 16 Juli 2018 - 09:15 | 69.61k
ILUSTRASI: Gempa Bumi. (Grafis: TIMES Indonesia)
ILUSTRASI: Gempa Bumi. (Grafis: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KLUNGKUNGGempa tektonik berkekuatan 4,8 skala richter mengguncang wilayah Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB), pada pukul 07.48 WITA, Senin (16/7/2018).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, (BMKG) Wilayah lll Denpasar mencatat gempa bumi ini berkekuatan M 4,8. Episenter terletak pada kordinat 8,89 LS dan 115,38 BT atau tepatnya pada jarak 25 kilometer arah barat daya  Kabupaten Klungkung, Bali, dengan kedalaman 111 kilometer. 

Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar M. Taufik Gunawan, menjelaskan guncangan dirasakan di Denpasar, Nusa Dua, Kuta, Mataram, Lombok Tengah. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

"Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng Indonesia dan Australia ke bawah lempeng Eurasia," ucapnya, Senin (16/7/2018) siang. 

Untuk saat ini, hingga pukul 10.02 WITA dari hasil monitoring BMKG masih belum menunjukan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat di wilayah Bali dan NTB dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ucap M. Taufik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Bali

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES