Indonesia Positif Ketahanan Informasi Nasional

Begini Usaha UWG Malang Tingkatkan Produktivitas IRT

Minggu, 15 Juli 2018 - 07:10 | 30.89k
(FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
(FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Nasional

TIMESINDONESIA, MALANG – Widya Aktifa merupakan salah satu kelompok Industri Rumah Tangga (IRT) binaan Kampus Inovasi Universitas Widyagama (UWG Malang). Sebelumnya, pembinaan atas IRT Widya Aktiva ini dilakukan secara kelembagaan.

Kali ini, salah satu dosen FP UWG yang juga adalah Ketua Pusat Pengabdian Masyarakat LPPM UWG, Ir. Elik Murni NN, MP,  mengangkatnya kembali melalui Program Kemitraan Masyarakat, berpasangan dengan Ir. Sudiyono, MP.

IRT.jpg

Kegiatan yang bertajuk PKM Kelompok Industri Rumah Tangga Produsen Bumbu Dapur Alami ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kelompok industri rumah tangga dalam memprodulsi bumbu dapur alami.

Bumbu dapur alami sebagai bumbu siap masak yang dproduksi oleh Widya Aktifa dibuat dari bahan alami tanpa bahan pengawet. Bahan utamanya adalah bawang merah, bawang putih, cabe dan empon-empon segar. 

Mutu pada rasa menggunakan bahan pelengkap olahan jamur tiram sehingga rasa lebih gurih. Proses pemasakan bumbu juga dilakukan dengan perlakuan khusus, yaitu dengan menyangrai bahan sebelum penggilingan. Proses ini akan menghasilkan mutu yang lebih enak.

Proses penghalusan bumbu memakai alat penggiling bumbu multi fungsi berbahan stainless stell sesuai standar kesehatan untuk pengolahan makanan.

Kelompok IRT pada kegiatan tersebut memperoleh bantuan alat penggiling bumbu multi fungsi yang dapat digunakan juga untuk menggiling bumbu dan daging yang mampu meningkatkan produktivitas usaha bumbu dapur alami. 

Kegiatan yang digelar oleh UWG Malang ini bertempat di Kelurahan Bumiayu Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES