Pendidikan

KPAI Dukung Penyegahan Perploncoan saat Masa Orientasi Sekolah

Minggu, 15 Juli 2018 - 21:07 | 110.18k
Masa Orientasi Sekolah (MOS). (FOTO: Papasemar.com)
Masa Orientasi Sekolah (MOS). (FOTO: Papasemar.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Senin, 16 Juli 2018 yang merupakan hari pertama dimulainya tahun ajaran baru, KPAI mengimbau pihak sekolah untuk menjamin pelaksanaan masa orientasi peserta didik baru berlangsung dengan aman, ramah dan nyaman bagi siswa baru.

"Untuk itu, maka perploncoan dan bullying harus dicegah semaksimal mungkin. Suasana harus diciptakan penuh kekeluargaan, kondusif dan zero kekerasan," ujar Retno Listyarti, Komisioner KPAI Bidang Pendidikan dalam sebuah pernyataan, Minggu (15/7/2018). 

KPAI juga mendukung imbauan agar para orangtua siswa mengantar anak-anaknya ke sekolah sebagai wujud dukungan orangtua terhadap semangat anak-anaknya kembali bersekolah setelah libur panjang.

"Diharapkan sekolah menyiapkan diri menyambut para orangtua dan anaknya masuk sekolah kembali. Tidak sekedar menurunkan anaknya di sekolah dari kendaraan, tetapi juga mengantar masuk ke kelas sang anak," katanya. 

Ini sekaligus dapat dijadikan momentum bagi sekolah menyampaikan program-program sekolah, sekaligus perkenalan orangtua siswa ke wali kelas anaknya dengan masuk ke ruang kelas tempat anak-anaknya akan menuntut ilmu setiap harinya selama berada di sekolah.

"Hal ini akan menjadi momentum yang  menyenangkan bagi anak-anak. Dan akan membawa dampak positif ke depannya terhadap keharmonisan hubungan orangtua dan pihak sekolah," kata Komisiner KPAI ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES