Peristiwa Daerah

Haedar Nasir: Muhammadiyah akan Terus Membangun Indonesia

Minggu, 15 Juli 2018 - 09:11 | 65.10k
Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nasir, saat meletakkan batu pertama pembangunan gedung Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Banyumas di Purwokerto (FOTO: Tegar For TIMES Indonesia)
Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nasir, saat meletakkan batu pertama pembangunan gedung Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Banyumas di Purwokerto (FOTO: Tegar For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PURWOKERTO – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr Haedar Nasir MSi, berkomitmen bahwa Muhammadiyah akan terus membangun Indonesia.

Hal itu diungkapkanya pada acara peletakan batu pertama pembangunan gedung Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Banyumas, di Jl Dr Angka No 1 Purwokerto, Banyumas Jawa Tengah, Sabtu (14/7/2018) Sore.

Menurutnya, Muhammadiyah akan terus membangun untuk bangsa dan negara Indonesia lewat pendidikan, layanan sosial, dan kesehatan.

"Insyaallah prinsipnya Muhammadiyah akan swadaya membangun gedung Pimpinan Daerah dan SMA ini. Tentu bukan hanya fisik tetapi lebih dari itu agar kita lebih meningkatkan kualitas pelayanan di bidang pendidikan maupun dalam dakwah," katanya, Sabtu (14/7/2018) sore.

Kendati secara prinsip pembangunan gedung tersebut dilakukan swadaya, dia mengakui adanya bantuan-bantuan dari berbagai pihak kepada Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Banyumas.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak yang turut membantu pembangunan gedung tersebut.

"Tidak kalah pentingnya, kami juga sampaikan terima kasih kepada warga yang terus berinfak, sedekah, dan jariyah," katanya.

Dalam kesempatan menyampaikan tausiah Silaturahmi Warga Muhammadiyah itu, Haedar juga mengatakan dalam waktu dekat, Muhammadiyah akan membuka Universitas Muhammadiyah di Malaysia.

Bahkan, katanya, Muhammadiyah juga telah mempunyai lahan seluas 10 Hektare di Melbourne, Australia, yang rencananya akan dibangun sekolah berasrama (boarding school) pada tahun 2019.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Banyumas, Ibnu Hasan, mengatakan pembangunan gedung Pimpinan Daerah Muhammadiyah tersebut dilakukan swadaya tanpa adanya kucuran dari pusat.

"Tidak pernah berubah, (pendanaan) dari warga Muhammadiyah. Kita tidak pernah membuat skenario macam-macam, itu spontanitas," katanya.

Menurut Ibnu, pembangunan gedung tersebut seluruhnya didanai oleh masyarakat melalui sumbangan atau infak.

"Itulah hebatnya Muhammadiyah, soal pendanaan itu selalu muncul dari bawah," ucapnya.

Ibnu juga mengatakan adanya dana stimulan sebesar Rp500 juta dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto sebagai modal awal pembangunan gedung tiga lantai yang direncanakan selesai dalam waktu 2 tahun.

"Kebutuhan dana untuk pembangungan gedung Pimpinan Daerah Muhammadiyah ini mencapai Rp 4 miliar," katanya.

Sebagai informasi, dalam rangkain acara tersebut, Haedar Nasir juga meletakan batu pertama pembangunan gedung Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 1 Purwokerto. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Purbalingga TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES