Gaya Hidup

Rambut Tetap Sehat Meski Berhijab

Minggu, 15 Juli 2018 - 02:01 | 149.17k
ILUSTRASI. (FOTO: Bukalapak)
ILUSTRASI. (FOTO: Bukalapak)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPerawatan rambut bagi perempuan merupakan hal penting, bahkan bagi wanita berhijab. Rambut yang sehat dan indah selalu menjadi impian setiap wanita. Bagi wanita berhijab, meski rambut mereka tidak tampak dari luar tetapi, rambut yang sehat dan indah pasti sangat didambakan.

Jangan berpikiran merawat rambut berhijab lebih mudah. Rambut wanita berhijab justru memerlukan perawatan dan perhatian ekstra karena menghadapi kondisi yang berbeda sama sekali di bawah jilbab Anda. Rambut yang ditutupi oleh kain seringkali membuatnya menjadi rontok. Selain itu, tidak menutup kemungkinan juga rasa gatal di kepala akan datang saat beraktifitas. Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara agar rambut tetap sehat dan lembab meski berhijab.

1. Keramas teratur

Keramas dengan teratur, setidaknya 2 atau 3 hari sekali tentu dapat menjaga kelembaban rambut. Penggunaan sampo untuk keramas juga harus disesuaikan dengan tipe rambut. Akan lebih baik jika sampo juga sudah dilengkapi dengan vitamin dan masker rambut.

2. Jangan ikat rambut terlalu kencang

Hindari mengikat rambut terlalu kencang. Helai rambut akan bisa melemah jika mereka ditarik erat, menyebabkan rambut rontok. Sebaiknya Anda menata rambut dengan ikat kuda atau cepolan longgar di bawah jilbab. Anda juga disarankan selalu mencoba untuk mengubah belahan rambut untuk mencegah garis tepi rambut Anda menipis dan rontok.

3. Tunggu rambut hingga kering

Hindari mengikat rambut Anda dan memakai jilbab saat rambut Anda masih basah. rambut basah lebih sensitif dan rentan terhadap kerusakan, sehingga mengikat itu erat saat basah akan menyebabkan ketegangan yang tidak perlu untuk helai rambut yang sudah terlanjur lemah. Belum lagi, ini juga dapat menyebabkan ketombe.

Blow-dry atau catok rambut juga bukan pilihan. Kedua alat ini hanya akan merusak rambut Anda. Tapi, jika Anda benar-benar butuh menggunakan pengering rambut, atur suhu di paling rendah hingga sedang.

4. Makanan bernutrisi

Perawatan rambut tidak hanya datang dari luar tetapi juga dari dalam. Penuhi nutrisi rambut dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan protein dan vitamin B6, B12, dan C, serta vitamin pendukung rambut lainnya. 

5. Pilih jilbab berwarna terang dan lembut

Pilih jilbab dengan warna lembut, karena dapat memberi efek sejuk ke kulit kepala sehingga folikel rambut tidak terhambat dalam pertumbuhan rambut. Warna jilbab yang terang seperti putih, pink, biru langit atau hijau dapat menjadi pilihan yang tepat ketika berhadapan dengan cuaca yang panas. Pilihan warna tersebut dapat memberikan kesejukan pada rambut karena tidak langsung menyerap sinar matahari.

6. Gerai rambut

Mengenakan jilbab tidak berarti Anda selamanya mengekang rambut dalam ikatan dan penutup rambut. Walaupun kesempatannya akan jauh lebih sedikit daripada mereka yang tidak berhijab, jangan lupa untuk sesekali melepas ikatan rambut dan biarkan rambut tergerai bebas saat di rumah atau di kamar. Setelah melepas ikatan rambut, sisir dan pijat-pijat kepala untuk melancarkan sirkulasi darah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES