Gaya Hidup

Wah! Minuman Lezat Ini Bisa Mengembalikan Energi Pasca Olahraga

Minggu, 15 Juli 2018 - 06:04 | 46.23k
Ilustrasi - Olahraga (FOTO: Vemale)
Ilustrasi - Olahraga (FOTO: Vemale)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Usai olahraga tubuh akan terasa sedikit lemas karena banyaknya energi yang dikeluarkan. Kondisi ini bisa diatasi dengan konsumsi minuman cokelat. Pasalnya, manfaat cokelat atau susu cokelat sama dengan minuman khusus untuk olahraga. Benarkah minuman cokelat bisa mengembalikan energi pasca olahraga?

Berdasarkan riset, seperti dilansir dari Kompas, atlet yang minum susu cokelat selama dan setelah berolahraga akan kembali merasa berenergi seperti mengonsumsi minuman olahraga.

Hasil riset menemukan konsumsi susu cokelat dapat memperlambat datangnya rasa lelah dan meningkatkan pengerahan tenaga, detak jantung atau tingkat asam laktat dalam darah sama halnya dengan minuman penambah energi.

Menurut seorang peneliti, Dr. Amin Salehi-Abargouei, susu cokelat mengandung karbohidrat, protein, lemak, flavonoid, elektrolit, dan beberapa vitamin. Kandungan pada susu tersebut menjadi pilihan yang baik untuk pemulihan para atlet. Minum susu cokelat juga bisa menghambat rasa lelah enam menit lebih lama daripada minuman olahraga.

Berdasarkan hasil riset, tingkat asam laktat yang merupakan indikasi pengerahan tenaga, lebih rendah untuk peminum susu cokelat, daripada orang-orang yang mengonsumsi minuman plasebo.

Namun, riset ini memerlukan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi lebih dalam manfaat cokelat untuk mengembalikan energi pasca olahraga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES