Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Siapkan Lulusan Kompeten, Ini Langkah Cerdas FEB Unisma Malang

Sabtu, 14 Juli 2018 - 20:31 | 83.03k
Suasana seminar 
Suasana seminar "Update, Tips dan Trik Menembus Ujian Profesi Akuntan Publik di Indonesia" yang digelar FEB Unisma Malang di Hall K.H Oesman Mansoer Sabtu (14/7/2018). (FOTO: ajp.TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANGFEB Unisma Malang menggelar seminar "Update, Tips dan Trik Menembus Ujian Profesi Akuntan Publik di Indonesia". Seminar ini guna mempersiapkan lulusan yang kompeten siap menghadapi persaingan kerja khusus profesi akuntan publik.

Hal itu untuk menjawab kesetaraan kompetensi dalam profesi akuntan yang telah tertuang dalam Mutual Recognition Agreement (MRA) di lingkup ASEAN. Seminar yang bertempat di Hall K.H Oesman Mansoer ini diselenggarakan pada Sabtu (14/7/2018).

FEB-Unisma-Malang-B.jpg

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Nur Diana SE, MSI mengatakan apresiasinya kegiatan seminar update dan sosialisasi CPA Exam kepada mahasiwa semester akhir program studi akuntansi. Hal ini sangat penting mengingat untuk memenuhi tuntutan kebutuhan profesi akuntan publik FEB Unisma telah bekerjasama dengan IAPI pusat untuk membuka CPA Tes Center. "CPA tes center ini merupakan wadah  dan mempermudah sarjana akuntansi untuk mengikuti ujian sertifikasi tanpa harus ke Jakarta., cukup ujian online di CPA tes Center Unisma. Disisi lain kita telah mengetahui bahwa profesi akuntan publik dewasa ini telah memiliki sejumlah dilema diantaranya masih sedikitnya akuntan bergelar CPA di Indonesia padahal potensi  potensi market jasa akuntansi di Indonesia sangat besar," paparnya.

Ia juga menambahkan dengan adanya MRA dilingkup ASEAN akan memunculkan masuknya akuntan dari negara ASEAN lainnya ke Indonesia. Hal tersebut sangat riskan jika pasar kerja akuntan publik di Indonesia dijajah oleh akuntan dari negara ASEAN. "Untuk menjembatani hal teserbut kami berharap adik-adik mahasiswa untuk melirik dan melihat peluang profesi akuntan publik di Indonesia. Agar sukses ikuti bagaimana membangun profesi tersebut sedini mungkin," sebutnya.

Seminar ini juga menghadirkan Ketua Institute Akuntan Publik Indonesia Korwil Jawa Timur dan Kalimantan  Habib Basuni SE, AK CPA, CA  dan Sekretaris  IAPI Korwil Jawa Timur dan Kalimantan  Dr. Jaswadi SE, AK, MSi, CA, CPA .

Dalam paparannya narasumber banyak mengulas perkembangan profesi akuntan publik di Indonesia, kebutuhan profesi akuntan publik, regulasi. Narasumber juga membeberkan tantangan profesi akuntan publik di Indonesia, serta kiat menjalani ujian sertifikasi CPA dan lain lain.

Seminar ini dihadiri hampir 400 peserta yang tak hanya dari mahasiswa S1 FEB Unisma Malang saja, namun juga mahasiswa Akuntansi semester akhir se-Malang Raya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES