Wisata

Mendikbud RI Resmikan Museum Mpu Purwa di Malang

Sabtu, 14 Juli 2018 - 17:23 | 64.58k
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Efendi meninjau Museum Mpu Purwa yang baru saja di resmikan. Sabtu, 14/7/2018. (FOTO: Tria Adha/TIMES Indonesia)
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Efendi meninjau Museum Mpu Purwa yang baru saja di resmikan. Sabtu, 14/7/2018. (FOTO: Tria Adha/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGMendikbud RI Muhadjir Effendi meresmikan Museum Mpu Purwa di Jalan Soekarno Hatta No 210, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Sabtu (14/7/2018). Museum yang memiliki luas bangunan 1.200 meter persegi, ini memiliki ratusan situs peninggalan bersejarah yang berhasil ditampung. Mulai dari arca, prasasti, hingga berbagai barang candi. 

Kepala Dinas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni, menyebutkan, ada sekitar 136 buah situs peninggalan sejarah. Sebanyak 58 di antaranya akan dipamerkan di museum. Sedang sisanya akan disimpan.

Muhadjir-Effendi-A.jpg

"Semua benda bersejarah koleksi Museum Mpu Purwa ini berasal dari Kerajaan Kanjuruhan hingga Sengguruh," kata Ida Ayu.

Dijelaskannya, pembangunan Museum Mpu Purwa melalui berbagai tahap sejak tahun 2014 hingga tahun 2017 dengan biaya sebesar Rp 8,5 miliar.

Muhadjir-Effendi-B.jpg

Ia berharap setelah diresmikan ini, Museum Mpu Purwa diharapkan menjadi sarana rekreasi dan edukasi tentang sejarah-sejarah di Malang.

Sementara itu, Mendikbud Muhadjir Effendy menyambut baik peresmian hari ini. Ia berharap dengan adanya Museum Mpu Purwa ini, dapat melestarikan budaya serta memberikan edukasi sejarah.

Muhadjir-Effendi-C.jpg

"Kami harap ini bisa bermanfaat untuk memberikan pengetahuan bagi generasi muda kedepannya," kata Mendikbud RI Muhadjir Effendi saat meresmikan Museum Mpu Purwa, Kota Malang.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES