Senin, 24 September 2018
Ekonomi

Festival Ternak Poncogati, Kenalkan Ternak pada Generasi Muda

Festival Ternak Poncogati, Kenalkan Ternak pada Generasi Muda ILUSTRASI. (Grafis: TIMES Indonesia)
Sabtu, 14 Juli 2018 - 11:44

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Untuk mengenalkan ternak pada generasi muda, Unej (Universitas JemberKampus Bondowoso bekerja sama dengan Pemkab Bondowoso, menggelar Festival Ternak Poncogati.

Festival itu, akan digelar di di Universitas Jember Kampus Bondowoso, Jl Diponegoro 1001 Curah Dami, mulai hari Sabtu (28/7/2018) sampai dengan hari Minggu (29/7/2018) mendatang.

Menurut Dr. Drs. M. Fathorrazi, MSi. Koordinator Unej Kampus Bondowoso, festival itu nanti akan melibatkan semua usia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua.

“Apalagi kenyataan di lapangan, banyak anak petani atau pemuda yang tidak mencintai ternak. Maka pengenalan melalui kegiatan semacam ini, perlu terus digalakkan,” katanya Sabtu (14/7/2018).

Kegiatan ini, lanjut dia, merupakan salah satu bentuk upaya mendorong masyarakat, agar lebih cinta peternakan. Bahkan, kata dia, Unej Kampus Bondowoso, tahun ini juga sudah membuka prodi Peternakan.

Selain itu, pihaknya juga menjelaskan, bahwa target yang ingin dibidik, adalah menjadikan Bondowoso sebagai salah satu pemasok daging di Jawa Timur.

Sementara acara tersebut diisi dengan beragam kegiatan dan lomba. Untuk usia TK dan SD, nanti ada lomba mewarnai dan menggambar. Sementara, untuk SMA sederajat lomba karya tulis ilmiah dan video blog (vlog).

Selain itu, dalam Festival Ternak Poncogati juga akan dilaksanakan Sarasehan Peternakan yang melibatkan mahasiswa dan dosen, lomba olah daging, yang meliputi festival sate kado, dan bakso sapi, yang melibatkan masyarakat umum.

Tentu yang tak kalah menarik dalam acara tersebut, adalah kontes ternak sapi hasil inseminasi buatan (IB), mulai kategori pendet jantan, pendet betina, calon indukan dan induk. Selian itu, juga ada kontes ternak ekstrem, yang bisa diikuti peternak antar kabupaten (Bakorwil V), dan malamnya disediakan odong-odong gratis, mengelilingi Unej Kampus Bondowoso.

Diharapkan Festival Ternak Poncogati, yang digagas oleh Universitas Jember Kampus Bondowoso, mendapat apresiasi oleh seluruh masyarakat Bondowoso. (*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Registration