Sabtu, 17 November 2018
Wisata

Embung Langensari Kota Jogja Jadi Destinasi Wisata Batik Alam

Embung Langensari Kota Jogja Jadi Destinasi Wisata Batik Alam Embung Langensari Kota Jogja Jadi Destinasi Wisata Batik Alam (FOTO: Istimewa)
Sabtu, 14 Juli 2018 - 09:45

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTAEmbun Langensari terus memantapkan diri menjadi objek wisata di Kota Jogja. Berbagai unsur berkolaborasi saling memperkuat mewujudkannya.

 Kolaborasi itu berasal dari unsur pemerintah Kota Jogja yang diwakili Bappeda Kota Jogja, akademisi dari Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) dan komunitas batik dari Perkumpulan Batik Tulis Langensari (PBTLS) Jogja.

Kolaborasi itu saling memperkuat dan mendukung Embung Langensari menjadi objek wisata. Yakni dengan edukasi batik pewarna alam dan art shop-nya.

"Skemanya, partnership kampus, komunitas dan pemerintah dlm perspektif pemberdayaan ekonomi rakyat," tegas Kepala Penelitian dan Pengembangan Bapeda Kota Jogja Affrio Sunarno di sela pelatihan batik pewarna alam Embung Langensari, Kamis (5/7/ ).

Wujud dukungan bagi kawasan ini berupa peningkatan Keterampilan dan Kewirausahaan melalui Pelatihan Batik Tulis Pewarnaan Alami bagi Masyarakat di Kawasan Embung Langensari. Pelatihan ini berlangsung 4-6 Juli 2018. 

Tutun Seliari dari Tim UKDW menjelaskan dipilihnya pelatihan batik ini. Dikatakan, batik merupakan warisan budaya tak benda (intangible heritage) asli Indonesia dan telah mendapat pengakuan dunia melalui badan UNESCO.

Pengakuan serta gerakan mempopulerkan batik tidak terlepas dari perjuangan masyarakat Indonesia untuk membuktikan bahwa batik adalah salah satu identitas bangsa Indonesia. 

Jurnalis : Erwan Widyarto
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Sukma
Sumber : CoWasJP.com

Komentar

Registration