Sabtu, 17 November 2018
Kesehatan

Memiliki Rasa yang Nikmat, Makan Cokelat Bisa Memicu Gangguan Tubuh

Memiliki Rasa yang Nikmat, Makan Cokelat Bisa Memicu Gangguan Tubuh Makan cokelat. (FOTO: dailystar.co.uk)
Sabtu, 14 Juli 2018 - 00:36

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Berhati-hatilah saat memilih makanan atau minuman. Ternyata makanan yang dipilih dengan asal dapat menyebabkan tubuh mengalami rasa haus berlebih yang dapat mengarah pada dehidrasi. Hal ini memang kerap tak disadari, namun tentu sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh, utamanya sistem hidrasi. Apa saja makanan yang menyebabkan dehidrasi?

Bahan makanan yang dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi adalah makanan yang umumnya dapat menyerap cairan dalam tubuh lebih banyak, atau makanan yang dapat meningkatkan pengeluaran cairan tubuh, utamanya dari sistem urin.

Salah satu makanan yang bisa memicu dehidrasi adalah cokelat. Beberapa jenis cokelat, utamanya cokelat yang kandungan kokoanya tinggi, misalnya cokelat hitam, terbukti dapat menyebabkan sistem pengeluaran urin dalam tubuh menjadi lebih banyak.

Hal ini tentu secara tidak langsung dapat memengaruhi kadar hidrasi dalam tubuh. Dimana semakin banyak kandungan kokoa dalam tubuh dapat mengeluarkan cairan tubuh yang semakin banyak pula. Untuk itu, sebaiknya Anda membatasi konsumsi cokelat.

Meski salah satu jenis cokelat, yakni cokelat hitam merupakan bahan makanan yang banyak mengandung antioksidan. Akan tetapi sebaiknya Anda tetap mengontrol asupannya, paling tidak 1-2 porsi, yang setara dengan 50-70 gram, dalam satu minggu.

Melihat fakta bahwa cokelat merupakan makanan yang menyebabkan dehidrasi, sebaiknya Anda mengurangi makan cokelat. Berlebihan makan cokelat bisa berpengaruh pasa kesehatan tubuh Anda. Anda harus bijak memilih makanan dan minuman agar tidak mengalami dehidrasi. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration