Kesehatan

Mengandung Banyak Lemak, Makanan Ini Tetap Baik Dikonsumsi Lho!

Sabtu, 14 Juli 2018 - 04:49 | 57.12k
Makan kacang. (FOTO: Womantalk)
Makan kacang. (FOTO: Womantalk)

TIMESINDONESIA, JAKARTALemak tubuh yang berlebihan bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Karena alasan tersebut kita dianjurkan untuk menghindari makanan yang banyak mengandung lemak. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis bahan makanan yang banyak mengandung lemak, namun justru baik dikonsumsi untuk tubuh?

Ya, beberapa jenis bahan makanan memang memiliki kandungan lemak tidak jenuh yang baik untuk tubuh. Apa saja bahan makanan tersebut? Berikut ulasannya.

1. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan bahan makanan protein nabati yang banyak mengandung lemak. Jenis lemak yang ada pada kacang-kacangan adalah lemak nabati yang memiliki banyak kandungan vitamin dan fitonutrien yang baik untuk tubuh.

Beberapa jenis kacang, utamanya kacang kedelai, bahkan terbukti memiliki kandungan omega 3 yang baik untuk kesehatan tubuh dan jantung.

2. Biji-bijan
Biji-bijian selalu terbukti memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.
Tidak hanya kandungan fitonutriennya yang tinggi, biji-bijian juga memiliki kandungan lemak yang super sehat untuk tubuh.

Tak heran, belakangan ini banyak dibuat minyak nabati yang berasal dari biji-bijian, misalnya minyak biji bunga matahari, biji chia atau minyak biji rami.

3. Alpukat
Buah yang sering dikonsumsi dalam bentuk jus ini mengandung banyak lemak. Akan tetapi, tak perlu khawatir. Kandungan lemak yang ada pada buah alpukat tergolong lemak baik yang banyak mengandung HDL.

Anda bisa menggunakan lemak pada buah alpukat untuk memenuhi kebutuhan lemak harian, agar asupan lemak dan kolesterol dalam tubuh menjadi lebih baik.

4. Ikan
Anda tentu sudah sering mendengar bahwa ikan memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan tubuh.

Ikan menjadi bahan makanan yang mengandung lemak baik yang tinggi serta lebih rendah kolesterol ketimbang jenis makanan hewani lainnya.

Itulah makanan yang banyak mengandung lemak. Meski tidak membahayakan tubuh, Anda harus tetap mengonsumsi bahan makanan di atas dalam porsi yang tepat. Jika lemak tubuh berlebihan, Anda bisa mengalami gangguan kesehatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES