Peristiwa - Daerah

Diduga Polusi Bau, Ribuan Warga Manyar Demo PT Jebe Koko Indonesia

Diduga Polusi Bau, Ribuan Warga Manyar Demo PT Jebe Koko Indonesia Para warga saat berdemonstrasi ke PT Jebe Koko Indonesia (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)
Jum'at, 13 Juli 2018 - 19:03

TIMESINDONESIA, GRESIK – Ribuan warga Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik Jawa Timur, mendemo Pabrik PT Jebe Koko Indonesia. Demo itu dilakukan lantaran, pabrik tersebut diduga mencemari lingkungan dengan menghasilkan polusi bau yang tidak sedap.

Jumat (13/7/2018) siang, para pendemo menuju Pabrik Jebe Koko yang berada di Kecamatan Manyar. Mereka berjalan kaki sekitar satu kilometer dari Desa Manyar Kompleks.

Polusi-Demo-2.jpg

Para pendemo membentangkan spanduk berisi tuntutan warga, beberapa warga yang dominasi ibu-ibu itu membentangkan poster. Tak sedikit, poster tersebut bertuliskan sindiran kepada PT Jebe Koko yang telah menghasilkan polusi yang tidak sedap. 

Salah satu pendemo, Khumaidi Maun dalam orasinya menyebut, PT Jebe Koko telah mencemari lingkungan. Pencemaran berupa polusi yang tidak sedap itu menganggu aktivitas warga. 

Tak sedikit warga yang terkena penyakit batuk hingga sesak nafas, tambah Khumaidi.

Polusi-Demo-3.jpg

"Banyak warga yang sesak nafas, terganggu atas limbah yang dihasilkan (PT Jebe Koko)," ujarnya sembari berteriak dan menginginkan pabrik cokelat asal Malaysia itu berhenti beroperasi. 

Terpisah, koordinator lapangan (Korlap) aksi, Sofwan Hadi menjelaskan, aksi yang dilakukan warga merupakan jalan terakhir. Sebelumnya, tokoh masyarakat pernah melakukan pertemuan, namun pabrik tetap menghasilkan polusi bau. "Para warga terpaksa demo karena sudah tak tahan bau yang dihasilkan Pabrik PT Jebe Koko Indonesia," tambah dia mengakhiri. (*) 

Jurnalis : Akmalul Azmi
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Gresik

Komentar

Registration