Peristiwa - Nasional

DPR: Pengaktifan Kembali Koopssusgab Langkah Tepat Tangani Terorisme

DPR: Pengaktifan Kembali Koopssusgab Langkah Tepat Tangani Terorisme Wakil Ketua DPR Agus Hermanto. (FOTO: tribunnews)
Kamis, 17 Mei 2018 - 19:47

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wakil Ketua DPR, Agus Hermanto menilai, pengaktifan kembali pasukan elite Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopssusgab) TNI untuk memberantas teroris merupakan langkah tepat.

Karena menurut Agus , kerjasama tugas perbantuan TNI-Polri dalam menangani terorisme sangat memungkinkan.

"Kerja sama kedua institusi itu tidak melanggar Undang-Undang maupuan aturan. Tidak ada yang dilanggar, UU TNI dan Polri memungkinkan kerjasama TNI Polri untuk menghadapi segala sesuatu yang diperlukan bangsa dan negara," ujar Agus di Gedung DPR, Kamis (17/5/2018). 

Dia menamabahkan bahwa TNI dan Polri sama-sama ahli di bidang terorisme, intelijen dan kemampuan lainnya.

"Secara makro, negara membutuhkan tugas perbantuan itu bisa dilanjutkan," imbunya. 

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi II DPR, Mardani Ali Sera mengatakan bahwa penguatan basis intelijen untuk memberantas terorisme di Tanah Air sangat mendesak dilakukan.

Menurutnya, dengan intelijen yang kuat, aksi pencegahan dan pemberantasan terorisme bisa lebih terarah dan efektif.

"Aksi menyerang tanpa didahului data intelijen malah memperluas dan tidak menyelesaikan masalah. Jadi satuan intelijen perlu dilibatkan," ucao Mardani. 

Selain memperkuat intelijen untuk langkah preventif, lanjut dia, aparat keamanan perlu pula dibantu para akademisi dan tokoh agama untuk menanggulangi aksi terorisme secara holistik.

"Pertama, mesti dipahami dimanapun aksi teror, mestinya lebih mengedepankan aksi intelijen untuk operasi preventif. Aksi pencegahan ini bisa melibatkan banyak pihak mulai dari akademisi, tokoh masyarakat, hingga tokoh agama," tegas Mardani. (*)

Jurnalis : Hasbullah
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration