Glutera News

Mengapa Perempuan yang Giat Olahraga Lebih Bahagia?

Jumat, 13 Juli 2018 - 16:59 | 33.75k
Image: Glutera
Image: Glutera

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Olahraga tak hanya baik untuk kesehatan tubuh Anda. Lebih dari itu, manfaat olahraga juga bisa membuat perasaan seseorang menjadi bahagia. Olahraga bisa membuat bahagia Peneliti dari University of Vermont menemukan bahwa dengan berolahraga 20 menit dapat membuat suasana hati lebih baik selama 12 jam.

Lalu, mengapa orang yang aktif latihan fisik lebih bahagia?

Alasannya karena olahraga mampu meningkatkan hormon endorfin atau yang dikenal dengan hormon kebahagiaan dan baik untuk otak. Olahraga juga dapat mengurangi hormon kortisol yang memicu stres dan adrenalin dalam tubuh.

Olahraga juga terbukti sebagai obat untuk mengatasi depresi dan rasa cemas. Seseorang yang berolahraga 30-60 menit tiga atau lima hari dalam seminggu akan memiliki jiwa yang sehat berdasarkan penelitian US Departement of Health and Human Services. Peneliti menunjukkan, berjalan jarak dekat sekalipun bisa meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

Adakah kiat membuat olahraga menjadi lebih menyenangkan? Seperti dilansir dari Happify, berikut cara agar olahraga bisa menyenangkan dan membuat lebih bahagia.

1. Latihan Kekuatan
Latihan kekuatan bisa membuat kita merasa lebih baik. Latihan kekuatan seperti mengangkat beban bisa mengurangi depresi, rasa cemas, dan membuat diri Anda merasa lebih berharga. Studi dari Universitas Rutgers menyatakan bahwa latihan kekuatan yang cukup akan membuat seseorang lebih merasa senang dibanding intensitas kurang atau berlebihan latihan angkat besi.

2. Olahraga di Ruang Terbuka
Kombinasikan olahraga di dalam dan di ruang terbuka. Hal ini bisa mengurangi tensi tinggi, marah, dan depresi. Anda juga akan lebih bergairah kembali dalam hidup, dan lebih energik. Anda bisa berjalan kaki, berenang di kolam terbuka, bersepeda, dan yoga di taman maupun pilates.

3. Bersosialisasi
Mendapat teman baru, juga bisa membuat olahraga anda menjadi menyenangkan. Untuk itu cobalah bergabung dengan komunitas, mencari lawan sekaligus teman saat olahragab misalnya bermain tenis. Sosialisasi juga dapat dibangun ketika Anda berolahraga di tempat ramai.

4. Olahraga Sambil Mendengarkan Musik
Suasana hati kita akan lebih baik ketika kita mendengarkan musik selama melakukan cardio. Musik akan membuat olahraga tak terasa berat. Studi terbaru juga menemukan bahwa menonton acara televisi saat treadmill akan lebih menyenangkan.

Itulah ulasan tentang manfaat olahraga. Selain untuk kesehatan tubuh, ternyaya olahraga bisa membuat bahagia. Anda ingin bahagia? Yuk, rajin berolahraga mulai hari ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES