Selasa, 21 Agustus 2018
Peristiwa - Internasional

Ini Pembahasan Perundingan Indonesia-EU CEPA Putaran Kelima

Ini Pembahasan Perundingan Indonesia-EU CEPA Putaran Kelima Dirjen Perundingan Perdagangan Internasional Kemendag, Iman Pambagyo (Batik Kuning) (FOTO: Alfi Dimyati/Times Indonesia)
Jum'at, 13 Juli 2018 - 16:21

TIMESINDONESIA, JAKARTADelegasi Indonesia dan Delegasi UE melakukan perundingan putaran kelima Comprehensive Economic Partnership Agreement atau CEPA pada 9–13 Juli 2018 dengan agenda Membangun Kemitraan di Tengah Ketidakpastian Ekonomi Dunia.

Ketua Delegasi Indonesia, Iman Pambagyo, dan Ketua Delegasi UE Ms. Helena König, Deputy Director-General of Trade, Komisi Eropa, menekankan arti penting dan strategis bagi kedua pihak untuk terus mendorong proses perundingan CEPA.

Di tengah ketidakpastian ekonomi dunia, dengan munculnya friksi-friksi perdagangan khususnya di antara ekonomi besar di dunia, yang dalam jangka panjang dapat berimbas pada negara-negara lain, baik secara individual maupun dalam hubungan negara-negara ini satu dengan yang lain.

“Terlepas dari semakin riuhnya hubungan perdagangan di antara ekonomi besar dunia yang semakin mengarah pada aksi saling balas, Indonesia tetap percaya bahwa pendekatan maupun perundingan bilateral justru perlu semakin ditingkatkan," kata Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan ini melalui pesan tertulis yang diterima TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), Jumat (13/7/2018).

Hal ini penting untuk menjaga kepercayaan mitra bahwa Indonesia tetap mengutamakan hubungan yang konstruktif dan bukan destruktif. 

Selain itu, melalui CEPA ini Indonesia ingin mengamankan posisi premium agar dapat memanfaatkan momentum kembalinya gairah perdagangan dunia di saat berbagai pertikaian dagang nantinya mereda,’’ ungkap Iman.

Jurnalis : Alfi Dimyati
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Registration