Peristiwa - Nasional

Atasi Aksi Terorisme, Ini Usulan Wakil Ketua Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera

Atasi Aksi Terorisme, Ini Usulan Wakil Ketua Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera Mardani Ali Sera. (FOTO: Pepnews.com)
Kamis, 17 Mei 2018 - 18:11

TIMESINDONESIA, JAKARTAKomisi II DPR RI menilai, saat ini yang perlu dilakukan dalam upaya memberantas aksi terorisme adalah memperkuat posisi intelijen. Wakil Ketua Komisi II Mardani Ali Sera mengatakan hal itu merespons keinginan Polri menggandeng Kopassus serta pasukan elite TNI lain dalam operasi anti-terorisme.

"Aksi menyerang tanpa didahului data intelijen malah memperluas dan tidak menyelesaikan masalah. Jadi satuan intelijen yang justru perlu dilibatkan," katanya, Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Menurut Mardani, penguatan intelijen akan sangat berpengaruh pada langkah preventif atau pencegahan. Kangkah tersebut bisa juga dibantu pihak lain, seperti akademisi dan tokoh agama.

"Aksi pencegahan ini bisa melibatkan banyak pihak, mulai dari akademisi, tokoh masyarakat, hingga tokoh agama," tegas Mardani.

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengungkapkan, pihaknya sedang bekerjasama dengan pasukan elite TNI Angkatan Darat, Kopassus. Kerjasama ini merupakan arahan dari Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Setyo mengatakan Polri menggandeng Kopassus menyikapi aksi teror yang terjadi belakangan ini. "Kopassus sudah ikut masuk. Pak Kapolri sampaikan," ujar dia di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (16/5/2018).

Dalam operasi ini, Kopassus turut berperan dan membantu dalam penangkapan serta penggerebekan. Setyo memaparkan, jika satuan Polri yang bersentuhan langsung dengan Kopassus adalah Brimob.

Meski begitu, Komisi II DPR RI mengusulkan agar intelijen diperkuat untuk mangatasi aksi terorisme. Usulan itu disampaikan Wakil Ketua Komisi II Mardani Ali Sera. (*)

Jurnalis : Hasbullah
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration