Ekonomi

Genjot Daya Saing Produk dalam Negeri, Kemendag Gelar Pameran "Mall-to-Mall"

Genjot Daya Saing Produk dalam Negeri, Kemendag Gelar Pameran Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Tjahya Widayanti (FOTO: Istimewa)
Kamis, 17 Mei 2018 - 16:12

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Tjahya Widayanti, memastikan pihaknya akan terus berupaya meningkatkan daya saing produk dan akses pasar bagi produk dalam negeri. karenanya digelar Pameran Mall to Mall.

Hal ini dilakukan agar pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) bisa memperoleh kesempatan untuk bersaing dengan produk sejenis lainnya yang dijual di mal. 

Salah satunya dengan menggelar pameran Mall-to-Mall 2018 bertema Indonesia Kreatif yang berlangsung pada 16–20 Mei 2018 di Mal Kasablanka, Jakarta.

"Pameran Mall-to-Mall ini merupakan upaya Kemendag memberikan peluang bagi para pelaku UKM untuk menampilkan produknya dan bersaing dengan berbagai merek yang berada di mal terkemuka," ujar Tjahya saat peresmian pameran di Mal Kasablanka, Jakarta, Kamis (17/5/2018).

Menurut Tjahya, pameran Mall-to-Mall bisa menjadi motivasi para pelaku kreasi untuk meningkatkan nilai tambah produk melalui pemanfaatan bahan baku lokal. 

Dengan demikian, produk yang dihasilkan akan memiliki keunikan sehingga dapat bersaing dengan produk impor sejenis yang masuk ke pasar Indonesia melalui merek internasional. 

Kehadiran mal saat ini tidak hanya sebagai tempat berbelanja kebutuhan saja, akan tetapi Mal saat ini juga dianggap sebagi pemenuhan gaya hidup khususnya masyarakat urban. 

"Untuk itu, mal harus lebih kreatif dalam menghadirkan daya tarik bagi masyarakat," jelas Tjahya.

Pelaku UKM yang terpilih sebagai peserta dalam pameran ini telah diseleksi berdasarkan kualitas, keunikan, kreativitas, dan inovasinya dalam menghasilkan seni kerajinan tangan yang bernilai tinggi, serta siap bersaing baik di pasar domestik maupun internasional.

Mall-to-Mall 2018 merupakan bentuk komitmen kerja sama antara Kemendag dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) dengan penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Penyelenggaraan Pameran Dagang Mikro Kecil dan Menengah di Pusat Perbelanjaan Indonesia pada 1 Februari 2018. 

Pemerintah (Kemendag) dan APPBI menyediakan ruang promosi bagi produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan ekonomi kreatif di Mall untuk membuka kesempatan dalam meningkatkan daya saing UMKM, meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk dalam negeri, serta terjalin kemitraan yang menguntungkan antara pelaku usaha pusat perbelanjaan dengan pelaku UMKM. hal itu salah satu tujuan dari Mall-to-Mall 2018. (*)

Jurnalis : Alfi Dimyati
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Registration