Senin, 22 Oktober 2018
Ketahanan Informasi

Hadirkan Ketua MK RI, Kampus Inovasi UWG Malang Gelar Seminar Politik

Hadirkan Ketua MK RI, Kampus Inovasi UWG Malang Gelar Seminar Politik
Jum'at, 13 Juli 2018 - 10:56

TIMESINDONESIA, MALANGKampus Inovasi UWG Malang (Universitas Widyagama Malang) akan menggelar Seminar Nasional dengan tajuk Sengketa Pemilu di Tahun Politik. Acara dihelat pada 20 Juli 2018 di Hall Widyagraha kampus setempat. Ketua MK RI Dr. Anwar Usman, SH, MH hadir sebagai keynote speaker.  

Selain itu Prof. HA Mukthie Fadjar, SH, MS, Ketua YPPIWM yang juga mantan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi RI,  Ketua Panwaslu Kota Malang dan Ketua KPU Jatim, juga dosen MH UWG Dr. Fatkhurohman, SH, MH. 

Ketua Program Studi Magister Hukum, Dr. Sirajuddin, SH, MH menyampaikan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengungkap berbagai kendala dan problematika terkait dengan pelaksanaan pemilu.

Selain itu mengetahui penyelesaian sengketa hasil pemilu serta menentukan formulasi teknis terbaik dalam penyelesaian sengketa pemilu.

seminarnas.jpg

Seperti diketahui, 27 Juni lalu warga kota Malang melaksanakan pemilihan umum untuk memilih walikota dan gubernur. Ini juga terjadi di beberapa kabupaten/kota dan provinsi lain di Indonesia sehingga muncul istilah Tahun Politik untuk tahun 2018.

Pemilu ini adalah cermin dan penerapan demokrasi yang menunjukkan bahwa kedaulatan ada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut undang-undang.  Pemilu adalah wujud nyata kedaulatan rakyat.

Meskipun sudah ada undang-undang yang mengatur pelaksanaannya, juga peraturan-peraturan lainnya, akan tetapi pelanggaran pemilu yang berujung pada munculnya sengketa menjadi coreng bagi pelaksanaan demokrasi. Ini pula yang mendasari Kampus Inovasi UWG Malang menggelar seminar ini. (*)

Jurnalis : Rita Hanafie (CR-059)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration