Peristiwa Daerah

Kemarau, Kebakaran Hutan Kian Sering Menimpa Ponorogo

Jumat, 13 Juli 2018 - 13:07 | 26.22k
Petugas dari TNI, Polri, BPBD Ponorogo memadamkan api yang membakar hutan Kamis malam. (FOTO: Istimewa)
Petugas dari TNI, Polri, BPBD Ponorogo memadamkan api yang membakar hutan Kamis malam. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, PONOROGOMusim kemarau menyebabkan kebakaran hutan begitu sering terjadi di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Kali ini, kebakaran hutan kembali terjadi. Kamis (12/07/2018) malam, api meludeskan tanaman hutan di petak 135 RPH Sawoo BKPH Ponorogo Timur. Sekitar lima hektare hutan tanaman jati ludes terbakar.

Kawasan hutan yang terbakar tersebut masuk di Desa Nglewan, Kecamatan Sambit, Ponorogo. Informasi  yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo, api membakar kawasan hutan sekitar pukul 19.30 WIB.

Warga yang tahu ada kebakaran, menginformasikan kepada petugas. Beberapa saat kemudian, upaya pemadaman dilakukan. Di antaranya melibatkan personel Perhutani, BPBD, anggota TNI dan Polri setempat.

Sementara itu, penyebab kebakaran masih belum bisa dipastikan. Hingga pukul 23.30 WIB, api baru bisa dipadamkan. Diketahui, hutan yang terdampak kebakaran sekitar lima hektare.

Menurut petugas, kebakaran itu hanya meludeskan semak belukar, tak sampai menimbulkan kerusakan pada tanaman jati. Tak ada korban jiwa dalam kebakaran hutan tersebut.

Dua hari sebelumnya, pada Selasa (10/07/2018), kebakaran hutan juga terjadi di Ponorogo. Sekitar pukul 18.00 WIB, api diketahui membakar tanaman di hutan rakyat Dukuh Klagen, Desa Maguan, Kecamatan Sambil. Api berhasil dipadamkan petugas sekitar pukul 21.00 WIB. Dalam peristiwa tersebut, ada dugaan kebakaran akibat ulah manusia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES