Peristiwa - Daerah

Kemarau, Kebakaran Hutan Kian Sering Menimpa Ponorogo

Kemarau, Kebakaran Hutan Kian Sering Menimpa Ponorogo Petugas dari TNI, Polri, BPBD Ponorogo memadamkan api yang membakar hutan Kamis malam. (FOTO: Istimewa)
Jum'at, 13 Juli 2018 - 13:07

TIMESINDONESIA, PONOROGOMusim kemarau menyebabkan kebakaran hutan begitu sering terjadi di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Kali ini, kebakaran hutan kembali terjadi. Kamis (12/07/2018) malam, api meludeskan tanaman hutan di petak 135 RPH Sawoo BKPH Ponorogo Timur. Sekitar lima hektare hutan tanaman jati ludes terbakar.

Kawasan hutan yang terbakar tersebut masuk di Desa Nglewan, Kecamatan Sambit, Ponorogo. Informasi  yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo, api membakar kawasan hutan sekitar pukul 19.30 WIB.

Warga yang tahu ada kebakaran, menginformasikan kepada petugas. Beberapa saat kemudian, upaya pemadaman dilakukan. Di antaranya melibatkan personel Perhutani, BPBD, anggota TNI dan Polri setempat.

Sementara itu, penyebab kebakaran masih belum bisa dipastikan. Hingga pukul 23.30 WIB, api baru bisa dipadamkan. Diketahui, hutan yang terdampak kebakaran sekitar lima hektare.

Menurut petugas, kebakaran itu hanya meludeskan semak belukar, tak sampai menimbulkan kerusakan pada tanaman jati. Tak ada korban jiwa dalam kebakaran hutan tersebut.

Dua hari sebelumnya, pada Selasa (10/07/2018), kebakaran hutan juga terjadi di Ponorogo. Sekitar pukul 18.00 WIB, api diketahui membakar tanaman di hutan rakyat Dukuh Klagen, Desa Maguan, Kecamatan Sambil. Api berhasil dipadamkan petugas sekitar pukul 21.00 WIB. Dalam peristiwa tersebut, ada dugaan kebakaran akibat ulah manusia. (*)

Jurnalis : Pamula Yohar C
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration