Glutera News

Catat! Ini Gejala Menopause Dini yang Harus Diwaspadai

Jumat, 13 Juli 2018 - 12:02 | 23.65k
Image: Glutera
Image: Glutera

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Seiring dengan proses penuaan, semua wanita akan mengalami proses menopause. Kapan terjadinya menopause pada tiap wanita berbeda-beda. Umumnya terjadi pada sekitar usia 50 tahun. Meski demikian, ada juga yang mengalaminya sebelum usia 40 tahun. Inilah yang disebut menopause dini atau prematur.

Menopause dini terjadi akibat ovarium berhenti menghasilkan hormon-hormon reproduksi dalam jumlah normal. Penyebab masalah ini belum diketahui secara pasti, tapi kelainan genetika atau penyakit autoimun diduga berpotensi menjadi pemicunya.

Di samping fase alami, menopause juga dapat dipicu oleh sejumlah faktor. Di antaranya adalah prosedur medis, metode pengobatan kanker, dan kondisi kesehatan tertentu.

Tidak semua wanita memiliki proses menopause yang sama. Proses ini umumnya ditandai dengan menstruasi yang berakhir secara bertahap. Frekuensi dan interval menstruasi akan semakin jarang sebelum akhirnya berhenti sama sekali.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa ada sebagian wanita yang mengalami menopause dengan siklus menstruasi yang berakhir secara tiba-tiba. Jika ini terjadi, gejala-gejala yang dialami biasanya akan lebih parah.

Proses menopause juga ditandai dengan emosi yang tidak stabil, gangguan tidur, serta sulit berkonsentrasi. Selain itu, sakit kepala, kulit kering, rambut menipis, hingga kenaikan berat badan juga menjadi beberapa gejala Anda akan mengalami proses menopause.

Proses menopause yang tiba-tiba, dan terjadi pada usia 30an tahun bisa menjadi tanda Anda mengalami menopause dini. Meski menopause merupakan siklus alami yang menjadi tanda proses penuaan pada wanita, Anda harus tetap waspada jika ada tanda-tanda tidak wajar. Segera konsultasikan ke dokter jika menemukan keanehan pada proses menopause. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES