Senin, 22 Oktober 2018
Peristiwa - Daerah

Tiap Hari Dubes RI untuk Finlandia Kirimi Nasi Kotak Lalu M. Zohri, Ada Apa?

Tiap Hari Dubes RI untuk Finlandia Kirimi Nasi Kotak Lalu M. Zohri, Ada Apa? Lalu Muhammad Zohri. (FOTO: Detik)
Jum'at, 13 Juli 2018 - 11:14

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ada cerita unik tentang Lalu Muhammad Zohri yang sukses mengukir prestasi nusantara di pentas dunia. Saat ikut  International Association of Athelthic Federation(IAAF) 2018 di Finlandia, Zohri tidak mau makan makanan lokal, tapi ia memilih nasi.  Hal itu disampaikan Dubes RI untuk Finlandia Wiwik Setyawati Firman pada TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id) beberapa saat lalu.

’’Ia atlet Lalu M. Zohri ini karena langsung dari daerah (Lombok) dia gak mau makan makanan Finlandia,’’ kata Wiwik via messege WA. 

Untungnya, perhatian Kedubes RI Finlandia memperjuangkan kebutuhan kalori untuk Zohri sangat tinggi. Dubes Wiwik pun mengirim nasi kotak ke Tampire, lokasi pertandingan atletik. ’’Jadi setiap hari saya mengirimi nasi kotak dan lauknya. Lumayan dua jam berkendaraan,’’ ujarnya.

Namun jerih payah Dubes Wiwik membuahkan hasil.  Zohri berhasil menjuarai even internasional itu.

Pemuda 18 tahun meraih medali emas dengan catatan waktu 10.18 detik pada nomor 100 meter Kejuaraan Dunia U20 IAAF. Zohri mengungguli para favorit juara seperti duo Amerika, Anthony Schwartz (10.22) dan Eric Harrison (10.22) serta sprinter Afrika Selatan Thembo Monareng (10,23). Sementara atlet Inggris, Dominic Ashwell mencatat waktu 10.25 detik

’’Alhamdulillah dia meraih juara dunia. Padahal tahun 1986 Indonesia cuma berhasil di peringkat ke-8 dunia di ajang itu,’’ ucap Wiwik.

Atas prestasi nusantara ini, Lalu Muhammad Zohriatlet lari asal Lombok Utara, NTB, selain mendapat mendapat apresiasi khusus Presiden RI Joko Widodo juga Dubes RI untuk Finlandia Wiwik Setyawati Firman. Selain itu juga dari berbagai instansi dan tokoh Indonesia. (*)

Jurnalis : Abdul Lathif
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration