Ketahanan Informasi Ketahanan Informasi Pendidikan

Ngaji Mahabbah dan Tasawuf bersama UKM Matan Unisma Malang

Ngaji Mahabbah dan Tasawuf bersama UKM Matan Unisma Malang Narasumber dan Pengurus UKM MATAN Universitas Islam Malang pada saat setelah Acara Ngaji Mahabbah dan Tasawuf, di Hall Oesman Mansoer, Gedung Al-Hanafi Universitas Islam Malang. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Kamis, 17 Mei 2018 - 05:05

TIMESINDONESIA, MALANG – Organisasi Muda Unit Kreativitas Mahasiswa (UKM) Matan Universitas Islam Malang (Unisma)  menggelar seminar Mahabbah dan tasawuf, Sabtu (13/5/2018). 

Kegiatan yang bertempat di Hall Oesman Mansyur gedung FKIP lantai 3 tersebut dihadiri 105 orang peserta dan tamu undangan. 

Ketua pelaksana M. Agil Bagus Alam berharap kegiatan awal ini memberikan manfaat dan mendatangkan berkah untuk semua. 

Wahyu selaku ketua umum UKM Matan menyambung sambutan dengan menjelaskan tentang historis UKM Matan Unisma. Mahasiswa Fakultas Ekonomi itu juga menyampaikan kebanggaan nya atas MATAN yang menjadi satu-satunya UKM yang ada di seluruh kampus di Indonesia.

Ngaji-Mahabbah-unisma.jpg

Ustad Faris Khoirul Anam LC, MA Pengurus Bidang Aswaja PWNU Jawa Timur yang menjadi pemateri pada kesempatan kali ini mengawali seminar dengan mengutip perkataan Imam Ghozali “Manusia kalah dengan nafsunya, karena dia membiarkan nafsunya mengakar pada dirinya”. 

Pemateri sekaligus Dosen Universitas Negeri Malang itu juga menyampaikan cara untuk mendapat Mahabbah  kepada sang Khalik harus mengenal cinta dan tasawuf melalui kitab-kitab karangan para ulama terdahulu. 

"Banyak orang-orang sufi yang tidak menikah karena cinta nya kepada tuhan, seperti Robbiaah Al adawiyah dan Baiduzzaman Said Nursi," paparnya.

Peserta datang dari berbagai kampus,mulai dari Universitas Islam Malang (Unisma), Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki), Universitas Muhammadiayh Malang (UMM), Universitas Nahdlatul Ulama Blitar (UNU Blitar), Universitas Tribhuwana Tungga Dewi (Unitri), Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama). 

Ngaji-unisma.jpg

“Acaranya sangat bagus, penyampaian pemateri juga mudah dipahami dan juga tidak menjenuhkan, tidak menyesal saya telah hadir ke acara seminar ini,” ucap salah satu peserta dari kalangan mahasiswa Unitri prodi Agribisnis semester 8.

Acara UKM Matan Unisma Malang yang bertemakan “Membingkai Cinta dalam Tasawuf” itu diakhiri oleh Ust Faris dengan memberikan pesan kepada seluruh peserta dalam slide terakhir. "Jika engkau menikah, maka jangan cari perempuan yang tidak mau (bisa) membantu mu dalam taat kepada Allah. Kalau mendapatkan calon istri model begini, lebih baik menjomblo saja." (Syekh Zainuddin Al- Malibari dalam Hidayatul Adzkiya). (*)

Jurnalis : Noor Alfi Fajriyani (CR-057)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration