Peristiwa - Daerah

Tim Upsus NTT Kunjungan Lapangan ke Malang

Tim Upsus NTT Kunjungan Lapangan ke Malang Kunjungan lapang Tim Upsus wilayah I NTT di Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang.(FOTO: Humas STPP Malang for TIMES Indonesia)
Kamis, 17 Mei 2018 - 10:16

TIMESINDONESIA, MALANG – Rakor;Upsus;wilayah I Nusa Tenggara Timur (NTT) di;STPP;Malang, disertai dengan;kunjungan;lapangan ke Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran,;Kabupaten;Malang.

Di lokasi kunjungan, tim Upsus wilayah I NTT dari empat kabupaten (Sikka, Ende, Nagekeo, dan Flores Timur), mempelajari manajemen pemanfaatan alat mesin pertanian (alsintan) untuk mendukung percepatan Luas Tambah Tanam (LTT).

Mereka melihat operasional traktor roda 2 dan 4, transplanter dan combine harvester. Mereka juga berdiskusi dan bertukar pengalaman terkait pemanfaatan alsintan.;

"Mereka belajar bagaimana pemanfaatan alsintan supaya setiap lahan yang ada, bisa dimanfaatkan untuk perluasan tambah tanam," ujar Bekti Indraningsih, dosen STPP Malang kepada TIMES Indonesia.


BACA JUGA:
https://m.timesindonesia.co.id/read/176296/20180516/054204/stpp-malang-gelar-rakor-pemantapan-upsus-wilayah-ntt/

Dari kunjungan tersebut, diharapkan penggunaan alsintan bisa optimal, sehingga dapat meningkatkan percepatan capaian LTT.

"Mereka tertarik untuk mengembangkan manajemen budidaya tanaman dengan memanfaatkan Alsintan," imbuhnya.;

Dalam jangka panjang, kata Bekti, diharapkan dapat meningkatkan IP dan menekan modal tenaga kerja. "Serta mengatasi permasalahan kekurangan tenaga kerja," lanjutnya.

Selain tim Upsus wilayah I NTT, turut dalam kunjungan lapang pada Rabu (16/5/2018) itu Kasdim 0818/Kabupaten Malang - Batu, Mayor Inf Teguh Prastowo; Pasiter Kodim 0818/Kabupaten Malang - Batu, Kapten Czi Supaat; dan penanggung jawab OPA Kabupaten Malang.

Setelah melakukan kunjungan;lapangan bersama STPP Malang, Tim Upsus;wilayah I NTT tertarik mengirimkan calon operator Alsintan. "Untuk meningkatkan kapabilitas SDM, mereka akan magang operasional Alsintan," pungkasnya. (*)

Jurnalis : Ferry Agusta Satrio
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukma
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration