Gaya Hidup

Koko Black Panther yang Viral, Pakaian Kebesaran Raja Afrika

Koko Black Panther yang Viral, Pakaian Kebesaran Raja Afrika Koko Black Panther. (FOTO: bukalapak)
Kamis, 17 Mei 2018 - 10:33

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Style Ramadhan tahun ini di ramaikan dengan baju koko Black Panther. Ya koko yang diaptasi dari film besutan Marvel Studio berjudul Black Panther ini sudah ramai diperbincangkan sejak beberapa bulan lalu.

Sesukses film nya, koko ini juga digadang-gadang menjadi koko terlaris dan menjadi tren saat lebaran nanti.

Baju yang dipakai T’Challa alias Black Panther yang diperankan Chadwick Boseman memang mirip baju koko. Namun ternyata pakaian tersebut didesain langsung oleh desainer kondang Hollywood, Ruth Carter. 

Menurut Ruth, motif yang digunakan pada pakaian kebesaran Raja Wakanda itu didesain dengan gaya Afrika. Agbada namanya, pakaian itu kerap digunakan Raja dan Kepala Suku di Afrika pada acara khusus, seperti pernikahan dan pemakaman.

"Namun ada perbedaan motif yang cukup mencolok pada bagian leher hingga dada," kata Ruth.

Dikutip dari intisari.com pakaian ini memang mengandung unsur Islami karena pada akhir abad ke 18, tatanan kekuasaan wialayah yang saat ini sebagian besar ada Nigeria terkena dampak dari penyebaran agama Islam. 

Penyebaran agama Islam tersebut dilakukan oleh Suku Fulani di bawah pimpinan Uthman dan Fodio. 

Saat penguasa Fulani berhasil mengalahkan kekuatan utama Yoruba, Ibu Kota Yoruba ditinggalkan pada tahun 1830an, penguasa Fulani yang baru membawa pakaian pria tersebut. 

Giman, mau keren dan gagah seperti T’Challa saat lebaran nanti? Koko Black Panther dibadrol sekitar Rp.250 ribu hingga Rp.320 ribu. (*)

Jurnalis : Tria Adha
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration